Show simple item record

dc.contributor.authorIzag, Choirun
dc.date.accessioned2025-03-22T02:30:54Z
dc.date.available2025-03-22T02:30:54Z
dc.date.issued2024-08-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11460
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan atau keterampilan menulis yang menjadi salah satu kompetensi penting pada kurikulum merdeka terutama pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. Akan tetapi masih banyak peserta didik kelas VIII yang mengalami kesulitan dalam mengemukakan ide dan perasaan secara tertulis pada bentuk teks laporan hasil observasi. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya teknik pembelajaran, media pembelajaran, dan inovasi untuk membantu siswa menuangkan ide dan perasaan mereka. Maka dari itu perlu adanya sebuah media sebagai pokok utaman yang dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi secara visual. Salah satu teknik pembelajaran yang dalam membantu peserta didik untuk meningkatkan keterampilan menulisnya dalam sebuah teks laporan hasil observasi yakni menggunakan media Podcast Spotify. Dengan menggunakan media Podcast (Siniar) Sporify dapat membantu peserta didik lebih aktif lagi dan mempermudah dalam proses peningkatan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik kelas VIII. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media Podcast Spotify pada siswa kelas VIII SMP NU Hasannudin Tirtoyudo. Penelitian ini menggunakan pendekatam kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research yakni sebuah penelitian yang menekankan pada ketiagan tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP NU Hasannudin Tirtoyudo Desa Pujiharjo dengan jumlah peserta didik 18 dengan pelaksanaan dua siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan pada siklus I dan dua kali pertemuan pada siklus II. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Pada penelitian ini hasil yang didapat pada siklus I memperoleh nilai dengan skor rata-rata menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media podcast Spotify sebesar 70. Pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh dari menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media Podcast Spotify sebesar 85. Ketuntasan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media Podcast Spotify pada kelas VIII SMP NU Hasannudin Tirtoyudo mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan sebanyak 8 dengan presentase 44%, sedangkan pada siklus II ketuntasan sebanyak 16 dengan presentase sebesar 87,5%. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media Podcast Spotify pada siswa kelas VIII SMP NU Hasannudin Tirtoyudo dapat meningkat. Hal tersebut dapat diketahui dari kemampuan peserta didik menjadi lebih baik dalam mengembangkan tema, menemukan data yang tepat, dan menjadikannya sebuah teks laporan hasil observasi menjadi runtut. Penggunaan media Podcast Spotify juga dapat meningkatkan motivasi serta minat peserta didik untuk membantu mengekspresikan ide-ide dan penelitian mereka. Hasil tersebut menujukan jika media Podcast merupakan sebuah teknik pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik. Kata Kunci: keterampilan menulis, teks laporan hasil observasi, media podcast spotifyen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectketerampilan menulisen_US
dc.subjectteks laporan hasil observasien_US
dc.subjectmedia podcast spotifyen_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Memanfaatkan Media Podcast (Siniar) Spotify di SMP NU Hasannudin Tirtoyudoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record