dc.description.abstract | Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan buku teks menulis kreatif cerpen pada siswa kelas IX SMP PGRI 01 Batu, (2) mendeskripsikan hasil pengembangan buku teks menulis kreatif cerpen pada siswa kelas IX SMP PGRI 01 Batu, (3) mendeskripsikan hasil uji coba produk pengembangan buku teks menulis kreatif cerpen pada siswa kelas IX SMP PGRI 01 Batu, dan (4) mendeskripsikan hasil uji kelayakan produk pengembangan buku teks menulis kreatif cerpen pada siswa kelas IX SMP PGRI 01 Batu. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model ADDIE yang dikembangkan atau diciptakan oleh Dick dan Carry dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan buku teks kreatif menulis cerpen melalui lima tahapan, yaitu Analisis, merancang produk, realisasi rancangan produk dan validasi ahli, implementasi, evaluasi, (2) hasil pengembangan buku teks yang didapatkan dari validasi para ahli menunjukkan 92,8% (3) uji coba buku teks ini dilakukan pada sejumlah 25 peserta didik kelas IX SMP PGRI 01 Batu dengan hasil yang didapatkan 89% dari angket respon pendidik dan peserta didik yang menunjukkan bahwa buku teks kreatif menulis cerpen dapat meningkatkan antusiasme dan pemahaman belajar peserta didik,serta (4) hasil uji kelayakan buku teks menulis kreatif cerpen didapatkan dengan menganalisis hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan bahan ajar berupa buku teks dan setelah menggunakan bahan ajar berupa buku teks yang menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai peserta didik setelah menggunakan buku teks sebagai sumber belajar.
Kata Kunci: Teaching materials, development, short story texts | en_US |