dc.description.abstract | Prestasi belajar mencerminkan keterampilan yang diperoleh siswa sebagai hasil dari usaha dan proses belajar yang dilakukan. Prestasi ini menjadi indikator penting dalam keseluruhan proses pendidikan. Oleh karena itu, seorang guru memegang peran signifikan dalam keberhasilan pembelajaran. Guru tidak hanya bertugas mengajar, tetapi juga mendidik, membimbing, memfasilitasi, dan memotivasi siswa agar lebih bersemangat dalam belajar. Guru bertanggung jawab membantu siswa mencapai tujuan pendidikan yang ditandai dengan nilai dan laporan hasil belajar, meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN Madyopuro 2 Malang. Fokus penelitian mencakup strategi pengajaran, penggunaan media pembelajaran, dan penerapan nilai-nilai keislaman sebagai sarana meningkatkan motivasi serta prestasi belajar siswa. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran tentang peran guru PAI dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan upaya apa saja yang dilakukan oleh guru agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN Madyopuro 2 Malang, 2) untuk mendeskripsikan strategi apa saja yang diakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam kegiatan pembinaan mental siswa di SDN Madyopuro 2 Malang, serta 3) untuk mendeskripsikan hambatan hambatan apa saja yang dihadapi oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN Madyopuro 2 Malang.
Penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dan jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Studi Kasus (case study) yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atau gejala tertentu. Dalam penelitian ini dimana peneliti memiliki peran sebagai perencana dan pelaksana yang terlibat langsung, pengumpul dan penganalisis data dan akhirnya menjadi pelapor hasil penelitian. Peneliti harus terjun secara aktif dilapangan agar dapat menyimpulkan terhadap apa yang akan diteliti sesuai dengan rumusan dalam penelitiannya
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan adalah Upaya guru agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SDN Madyopuro 2 Malang kepada para siswa sangat beragam, karena sekolah SDN Madyopuro 2 Malang merupakan salah satu lembaga formal yang menerapakan sekolah ramah anak.
Kata Kunci : Upaya Guru,Prestasi Belajar Siswa, SDN Madyopuro 2 Malang | en_US |