Show simple item record

dc.contributor.authorRohmah, Mafsus Satur
dc.date.accessioned2025-03-22T02:58:42Z
dc.date.available2025-03-22T02:58:42Z
dc.date.issued2024-12-07
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11496
dc.description.abstractPengajaran yang kurang bervariatif dapat menyebabkan siswa kurang berminat belajar dan mempengaruhi prestasi akademiknya. Karena memungkinkan analisis pemahaman siswa selama proses pembelajaran, maka hasil belajar sangat menentukan proses tersebut. Mengubah model pembelajaran merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan taraf belajar siswa. Model pembelajaran Team Games Tournament merupakan model pembelajaran berbasis permainan dimana model pembelajaran ini mengelompokkan siswa tanpa membandingkan kemampuan akademik siswa dengan bentuk kegiatan permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar pembelajaran PKn kelas 5 MI Khadijah Malang. Metode Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Group Posttestt-Only Control Group. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas 5 MI Khadijah Malang dengan jumlah 100 siswa. Teknik pengambilan sampel pada Penelitian ini menggunakan Random Sampling, yakni kelas V-A dan V-B sebanyak 52 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan test, observasi dan dokumentasi. Instrumen Penelitian yang digunakan pada Penelitian ini adalah test hasil belajar siswa. Soal test yang digunakan sebanyak 30 butir soal , soal berbentuk pilihan ganda . setelah melalui uji validitas, terdapat 20 soal yang dinyatakann valid dengan kata lain soal tersebut layak untuk digunakan test hasil belajar dalam Penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotestis menggunakan Uji Independent Sample t Testt dengan menggunakan alat bantu aplikasi IBM SPSS Statistics 25. Hasil yang diperoleh dari Penelitian ini, memberikan hasil bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional ceramah yang cenderung rendah. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament sebesar 87,65 sedangkan pada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional ceramah nilai rata-rata yang didapat sebesar 72,88. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji statistik menggunakan hasil belajar siswa dalam uji Independent Sample T-Testt dengan hasil menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa hipotestis dinyatakann benar dan terdapat pengaruh yang signifikan (H0 ditolak dan Ha diterima). Berdasarkan analisis data yang telah dilaksanakan sesuai dengan rumusan masalah dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas V MI Khadijah Malang. Dengan adanya bukti bahwa melalui uji statistik menunjukkan hasil signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dapat diartikan adanya pengaruh yang signifikan dan H0 ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Model Pembelajaran, Team Games Tournament, PKnen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectTeam Games Tournamenten_US
dc.subjectPKnen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran PKn Kelas 5 MI Khadijah Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record