dc.description.abstract | Pengajaran yang kurang bervariatif dapat menyebabkan siswa kurang
berminat belajar dan mempengaruhi prestasi akademiknya. Karena memungkinkan
analisis pemahaman siswa selama proses pembelajaran, maka hasil belajar sangat
menentukan proses tersebut. Mengubah model pembelajaran merupakan salah satu
teknik untuk meningkatkan taraf belajar siswa. Model pembelajaran Team Games
Tournament merupakan model pembelajaran berbasis permainan dimana model
pembelajaran ini mengelompokkan siswa tanpa membandingkan kemampuan
akademik siswa dengan bentuk kegiatan permainan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil
belajar pembelajaran PKn kelas 5 MI Khadijah Malang.
Metode Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan
metode Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Group Posttestt-Only
Control Group. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas 5 MI Khadijah
Malang dengan jumlah 100 siswa. Teknik pengambilan sampel pada Penelitian ini
menggunakan Random Sampling, yakni kelas V-A dan V-B sebanyak 52 siswa
yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan test, observasi dan dokumentasi. Instrumen Penelitian yang
digunakan pada Penelitian ini adalah test hasil belajar siswa. Soal test yang
digunakan sebanyak 30 butir soal , soal berbentuk pilihan ganda . setelah melalui
uji validitas, terdapat 20 soal yang dinyatakann valid dengan kata lain soal tersebut
layak untuk digunakan test hasil belajar dalam Penelitian ini. Teknik analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas dan uji hipotestis menggunakan Uji Independent
Sample t Testt dengan menggunakan alat bantu aplikasi IBM SPSS Statistics 25. Hasil yang diperoleh dari Penelitian ini, memberikan hasil bahwa adanya
pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar
siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament lebih tinggi
dibandingkan dengan perolehan nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran konvensional ceramah yang cenderung rendah. Pernyataan tersebut
dapat dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata siswa yang menggunakan model
pembelajaran Team Games Tournament sebesar 87,65 sedangkan pada kelas yang
menggunakan model pembelajaran konvensional ceramah nilai rata-rata yang
didapat sebesar 72,88. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji statistik
menggunakan hasil belajar siswa dalam uji Independent Sample T-Testt dengan
hasil menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti
bahwa hipotestis dinyatakann benar dan terdapat pengaruh yang signifikan (H0
ditolak dan Ha diterima). Berdasarkan analisis data yang telah dilaksanakan sesuai
dengan rumusan masalah dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran PKn kelas V MI Khadijah Malang. Dengan adanya bukti bahwa
melalui uji statistik menunjukkan hasil signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dapat
diartikan adanya pengaruh yang signifikan dan H0 ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Team Games Tournament, PKn | en_US |