Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa pada Mata Pelajaran Al Qur’An Hadits di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi’In Kota Malang
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu interaksi yang melibatkan pendidik dan peserta didik untuk mencapai tujuan dari pendidikan. Pendidikan adalah salah satu interaksi antara peserta didik dan pendidik yang terjadi di lingkungan pendidikan atau sekolah. Suatu interaksi dalam dunia pendidikan mempunyai tujuan untuk menjangkau pada keseluruhan kecakapan, potensi, dan keterampilan peserta didik dari berbagai aspek. Aspek-aspek yang dimaksud adalah aspek intelektual, aspek sosial, aspek afektif dan aspek fisik motorik.
Dalam kaitannya dengan fungsi media pembelajaran di dunia pendidikan, dapat ditekankan beberapa hal yakni sebagai alat bantu untuk membuat pembelajaran yang lebih efektif, mempercepat proses belajar, meningkatkan kualitas proses atau kegiatan belajar mengajar, dan mempermudah pendidik dalam memberikan dan menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan pada penerapan media pembelajaran dengan memanfaatkan perkembangan era digital melalui media Website pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Al Qur’an Hadits bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi’in Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang mana digunakan untuk memberikan keterangan mengenai gejala- gejala, fakta, serta kejadian secara akurat dan sistematis, kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil yang akurat mengenai Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Website Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi’in Kota Malang.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Website di Madrasah Hidayatul Mubtadi’in Kota Malang meningkatkan literasi membaca siswa pada mata pelajaran PAI Al Qur’an Hadits di Madrasah Hidayatul Mubtadi’in Kota Malang, menunjukkan bahwa potensi siswa lebih terasah setelah menggunakan pembelajaran berbasis website. Sehingga dalam mengembangkan kreativitas serta meningkatkan literasi membaca peserta didik disarankan penggunaan media pembelajaran berbasis Website lebih dapat diterapkan.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Website, Literasi Digital, Al Qur’an Hadits