Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’An dalam membentuk Karakter Religius Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 02 Kota Malang
Abstract
Penyimpangan sosial yang terjadi dikalangan pelajar Indonesia masih terbilang cukup tinggi, ditinjau dari banyaknya berita yang tersebar terkait penyimpangan sosial yang dilakukan siswa. Berdasarkan riset menjelaskan persentase siswa melakukan bentuk kenakalan yang menimbulkan korban sebanyak 96,19%. Berdasarkan fakta sosial yang saat ini terjadi terkait krisis moral, maka penanaman karakter religius perlu dibentuk melalui program tahfidz AlQur’an.
Penelitian ini dilakukan dengan melihat langsung fenomena dilapangan secara fakta adanya program yang telah dilaksanakan dalam sebuah lembaga pendidikan yang berlokasi di MAN 02 Kota Malang. Melihat dari segi prosedur penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan eksplorasi secara penuh untuk menggali data sesuai dengan prosedur penelitian. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi berdasarkan fakta yang terjadi dilapangan kemudian dianalisis dan diolah dalam bentuk data deskriptif.
Terkait perencanaan program tahfidz yang komprehensif dan terstruktur dengan baik. Hal ini dapat ditinjau dari rencana awal, tujuan, sarana prasarana yang mendukung dan konsistensi program. Pelaksanaan program berjalan sesuai dengan perencanaan yang meliputi tujuan prrogram tahfidz yang jelas, pengajar atau pembimbing program yang berkompeten, fasilitas yang mendukung, metode yang digunakan sesuai dengan kebutuhan siswa. Segi evaluasi harian kepada peserta didik didapatkan data tertulis terkait proses harian siswa setoap melaksanakan program tahfidz Al-Qur’an, adapun bentuk tertulisnya yaitu buku kehadiran siswa dan buku pegangan tahfidz yang diperoleh siswa.
Program tahfidz Al-Qur’an di MAN 02 Kota Malang membantu mengembangkan sikap teguh dalam kebaikan dan berkontribusi dalam membentuk toleransi siswa yang diterapkan dalam bentuk kasih sayang, peduli sesama, saling membantu dan saling menghargai perbedaan.Program ini dijadikan program unggulan dengan tujuan yang sesuai dengan Visi madrasah yaitu “Terwujudnya Madrasah Model Sebagai Pusat Keunggulan Dan Rujukan Dalam Kualitas Akademik Dan Non Akademik Serta Akhlaq Karimah”. Perencanaan yang meliputi tujuan prrogram tahfidz yang jelas, program masuk dalam kurikulum madrasah, pengajar atau pembimbing program yang berkompeten, fasilitas yang mendukung, metode yang digunakan sesuai dengan kebutuhan siswa. Evaluasi jangka pendek terlaksana dengan baik. Program tahfidz Al-Qur’an di MAN 02 Kota Malang membantu mengembangkan sikap teguh dalam kebaikan dan berkontribusi dalam membentuk toleransi siswa yang diterapkan dalam bentuk kasih sayang, peduli sesama, saling membantu dan saling menghargai perbedaan.
Kata Kunci: Implementasi Program, Al-Qur’an, Religius