Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al Qur’An Hadits Di MIN 1 Sidoarjo
Abstract
Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits seringkali menjadi tantangan. Penelitian ini mengeksplorasi potensi Quizizz sebagai solusi. Dengan menerapkan desain eksperimen pada siswa MIN 1 Sidoarjo, penelitian ini membandingkan efektivitas Quizizz dengan metode konvensional. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa fitur interaktif dan kompetitif dalam Quizizz mampu merangsang minat belajar dan meningkatkan motivasi peserta didik secara signifikan.
Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur'an Hadits, penelitian ini mengadopsi pendekatan inovatif dengan memanfaatkan Quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik di MIN 1 Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quizizz tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga memberikan umpan balik instan yang sangat berharga bagi peserta didik, sehingga meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mereka.
Penelitian ini memiliki implikasi penting bagi pengembangan model pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi dan multimedia dalam pembelajaran agama khususnya Al Qur’an Hadits, serta perlunya upaya untuk mengatasi kesenjangan digital dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan media pembelajaran Quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MIN 1 Sidoarjo.
Analisis tentang pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dan multimedia ini menggunakan metode kualitatif. Melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan peserta didik, serta analisis dokumen, penelitian ini mengungkap bahwa Quizizz mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan motivasi peserta didik.
Namun, keterbatasan akses terhadap perangkat teknologi menjadi tantangan dalam implementasi Quizizz. Temuan lain menunjukkan bahwa Quizizz efektif serta efisien dalam mengevaluasi hasil pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah diajarkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa Quizizz memiliki potensi yang baik sebagai media pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai salah satu alat untuk meningkatakan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits.
Melalui pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, penelitian ini menemukan bahwa implementasi Quizizz secara real-time dalam pembelajaran tatap muka mampu meningkatkan antusiasme belajar peserta didik. Quizizz dinilai efektif dalam membantu guru melakukan penilaian dan membuat pembelajaran Al-Qur'an Hadits lebih inovatif, efisien, dan mudah dipahami oleh peserta didik.
Peserta didik merasa lebih termotivasi karena adanya unsur kompetisi dan umpan balik instan yang diberikan oleh Quizizz. Selain itu, guru juga menilai bahwa Quizizz memudahkan dalam proses penilaian dan memberikan umpan balik kepada peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Quizizz memiliki potensi besar untuk menjadi media pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits.
Kata Kunci: Learning media, Media pembalajaran, Quizizz, Motivasi belajar