Pengaruh Video Praktikum Pewarnaan Terhadap Nilai Responsi dan Nilai Blok Mikroparasit Mahasiswa Pre-Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang
Abstract
Melani Dwi Nuriyah Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. 25 Januari 2025.
Pengaruh Video Praktikum Pewarnaan Terhadap Nilai Responsi Dan Nilai Blok Mikroparasit Mahasiswa Pre-Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. Pembimbing I: dr. Hj. Rizki Anisa, M.Med.Ed. Pembimbing II: Yoyon Arif Martino, S.Si, M.Kes
Pendahuluan : Pembelajaran praktikum pewarnaan gram dan bakteri tahan asam mahasiswa FK UNISMA merupakan salah satu pembelajaran keterampilan atau skill yang wajib ada. Salah satunya pada Blok Mikroparasit. Data tahun 2021 menunjukkan bahwa hasil ujian responsi praktikum identifikasi dan pewarnaan bakteri kurang memuaskan. Dengan menawarkan video yang bermanfaat, para peneliti mencoba meningkatkan pemahaman dan kemampuan belajar siswa, yang memengaruhi kinerja akademis mereka.
Metode : Desain penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental dengan One- group pretest-posttest design. Uji yang digunakan adalah uji beda dengan Wilcoxon sign ranked dan uji Regresi Logistik Ordinal. Sampel penelitian ini sebanyak 114 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan perhitungan sampel minimal menurut Krjcie and Morgan. Instrument intervensi yang diberikan berupa video ajar praktikum. Tingkat kognitif diukur menggunakan pretest-posttest, ketercapaian penilaian akademik yaitu penilaian responsi dan blok didapatkan dari akademik.
Hasil : Hasil analisis uji Wilcoxon nilai pretest dan posttest menunjukkan nilai signifikansi 0.001 (P>0,005) berpengaruh signifikan. Hasil analisis pengaruh pemberian video ajar praktikum terhadap responsi praktikum menunjukkan nilai signifikansi 0.242 (P>0,005) dan nilai responsi terhadap nilai blok dengan nilai signifikansi 0.436 (P>0,005).
Kesimpulan : Pemberian video pada praktikum pewarnaan Blok Mikroparasit berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif mahasiswa melalui peningkatan hasil pretest dan posttest. Tetapi pemberian video pada praktikum pewarnaan tidak berpengaruh signifikan baik dengan nilai responsi dan nilai blok.
Kata Kunci : Praktikum, video ajar, prestasi akademik, nilai responsi, nilai blok
.