View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Mechanical Engineering
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Mechanical Engineering
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Modifikasi Bore Up Untuk Peningkatan Performa Mesin Pada Motor Honda CB 125SE

Thumbnail
View/Open
Publish (1.269Mb)
Fulltext (5.045Mb)
Date
2025-01-24
Author
Wijaya, Indrawan Putra
Metadata
Show full item record
Abstract
Dunia otomotif di Indonesia berkembang pesat dimana kebutuhan akan kendaraan sudah tidak bersifat sekunder lagi melainkan menjadi kebutuhan primer. Motor Honda CB 125SE adalah salah satu model motor yang cukup populer di kalangan penggemar sepeda motor, khususnya di Indonesia. Motor ini dikenal dengan desain yang handal dan efisiensi bahan bakar yang baik. Seiring dengan waktu, meskipun Honda CB 125SE masih merupakan motor yang handal, banyak pengguna yang mencari cara untuk meningkatkan performanya. Modifikasi seperti bore up atau penambahan komponen aftermarket menjadi populer di kalangan pengendara yang menginginkan performa lebih tinggi dari motor mereka. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis performa mesin dengan menggunakan dua jenis piston, yaitu piston standar dan piston modifikasi, berdasarkan parameter daya, torsi, rasio kompresi, dan konsumsi bahan bakar spesifik. Pengujian dilakukan pada berbagai tingkat putaran mesin (RPM) untuk mengevaluasi kinerja kedua jenis piston. Hasil penelitian menunjukkan bahwa piston modifikasi secara signifikan meningkatkan daya dan torsi dibandingkan dengan piston standar, terutama pada RPM tinggi, dengan daya maksimum mencapai 15,2 Hp dan torsi maksimum 4,23 kgm. Meskipun demikian, konsumsi bahan bakar spesifik piston modifikasi lebih tinggi, menunjukkan adanya trade-off antara performa dan efisiensi bahan bakar. Perbandingan kompresi yang lebih tinggi pada piston modifikasi 9,1 berkontribusi terhadap peningkatan efisiensi pembakaran, tetapi juga menuntut pemilihan bahan bakar yang lebih berkualitas untuk mencegah risiko detonasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa piston modifikasi lebih unggul untuk aplikasi performa tinggi, sementara piston standar lebih efisien untuk penggunaan sehari-hari. Rekomendasi untuk penelitian lanjutan mencakup eksplorasi variasi lain dalam modifikasi piston dan pengaturan mesin, serta analisis lebih mendalam mengenai desain dan material piston guna meningkatkan performa dan efisiensi mesin. Kata kunci: Honda CB 125SE, piston modifikasi, performa mesin
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11552
Collections
  • UT - Mechanical Engineering

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group