View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Intervensi Buku Coding Berbasis 21st Century Skills Dengan Tema Islami Terhadap Perkembangan Keterampilan Sosial Komunikasi dan Kematangan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun

Thumbnail
View/Open
publish (1.560Mb)
fulltext (5.731Mb)
Date
2025-01-21
Author
Haya, Noor Aqila Fadiya
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendahuluan : Masa kanak-kanak usia 4-6 tahun adalah periode krusial dalam perkembangan anak. Keterlambatan perkembangan sosial dapat menyebabkan anak sulit berinteraksi dan membangun hubungan sosial yang akan berdampak jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh intervensi buku coding berbasis 21st Century Skills dengan tema Islami terhadap perkembangan keterampilan sosial komunikasi dan kematangan sosial anak usia 4–6 tahun Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental pretest postest with control group. Kelompok intervensi(n=57) diberikan intervensi buku coding berbasis 21st Century Skills dengan tema Islami selama tiga minggu, sementara kelompok kontrol(n=50) tidak menerima perlakuan. Keterampilan sosial komunikasi dinilai menggunakan assesment perkembangan sosial komunikasi dan kematangan sosial diukur dengan kuesioner Vineland Social Maturity Scale. Analisis data dilakukan dengan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil dan Pembahasan : Terdapat perbedaan signifikan berdasarkan hasil uji beda antara nilai pretest-posttest keterampilan sosial komunikasi pada kelompok kontrol (p=0,008) dan kelompok intervensi (p=0,001). Tidak didapatkan perbedaan signifikan berdasarkan hasil uji beda pretest-posttest keterampilan sosial komunikasi pada kelompok kontrol (p=0,008) sedangkan pada kelompok intervensi didapatkan hasil yang signifikan (p=0,001). Terdapat perbedaan signifikan berdasarkan hasil uji beda selisih nilai posttest-pretest antara kelompok kontrol vs kelompok intervesi untuk kedua variabel (p<0,05) Simpulan : Buku coding berbasis 21st Century Skills dengan tema Islami efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial komunikasi dan kematangan sosial anak 4-6 tahun.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11767
Collections
  • UT - Medical Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group