Pengaruh Intervensi Buku Coding Berbasis 21st Century Skills Dengan Tema Islami Terhadap Perkembangan Keterampilan Sosial Komunikasi dan Kematangan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun
Abstract
Pendahuluan : Masa kanak-kanak usia 4-6 tahun adalah periode krusial dalam perkembangan anak. Keterlambatan perkembangan sosial dapat menyebabkan anak sulit berinteraksi dan membangun hubungan sosial yang akan berdampak jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh intervensi buku coding berbasis 21st Century Skills dengan tema Islami terhadap perkembangan keterampilan sosial komunikasi dan kematangan sosial anak usia 4–6 tahun
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental pretest postest with control group. Kelompok intervensi(n=57) diberikan intervensi buku coding berbasis 21st Century Skills dengan tema Islami selama tiga minggu, sementara kelompok kontrol(n=50) tidak menerima perlakuan. Keterampilan sosial komunikasi dinilai menggunakan assesment perkembangan sosial komunikasi dan kematangan sosial diukur dengan kuesioner Vineland Social Maturity Scale. Analisis data dilakukan dengan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney.
Hasil dan Pembahasan : Terdapat perbedaan signifikan berdasarkan hasil uji beda antara nilai pretest-posttest keterampilan sosial komunikasi pada kelompok kontrol (p=0,008) dan kelompok intervensi (p=0,001). Tidak didapatkan perbedaan signifikan berdasarkan hasil uji beda pretest-posttest keterampilan sosial komunikasi pada kelompok kontrol (p=0,008) sedangkan pada kelompok intervensi didapatkan hasil yang signifikan (p=0,001). Terdapat perbedaan signifikan berdasarkan hasil uji beda selisih nilai posttest-pretest antara kelompok kontrol vs kelompok intervesi untuk kedua variabel (p<0,05)
Simpulan : Buku coding berbasis 21st Century Skills dengan tema Islami efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial komunikasi dan kematangan sosial anak 4-6 tahun.