Show simple item record

dc.contributor.authorSyahaif, Rozavia Maharani Nur
dc.date.accessioned2025-04-11T02:44:24Z
dc.date.available2025-04-11T02:44:24Z
dc.date.issued2025-01-09
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11786
dc.description.abstractPendidikan memegang peranan penting dalam upaya mewujudkan kualitas sumber daya manusia. Dalam bidang pendidikan terlebih pada anak usia dini yang memiliki kemampuan dan potensi besar untuk dikembangkan dengan bantuan orang tua dan orang dewasa atau guru. Oleh karena itu efikasi diri menjadi hal yang penting dikarenakan menyangkut dengan kondisi psikologis subjek pendidikan. Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama yaitu mengajar, mendidik, membimbing, mengarahkan, menilai, melatih dan mengevaluasi peserta didik mulai dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Penilaian kinerja guru juga tidak kalah penting saat setiap sekolah membenahi diri untuk menghasilkan lulusan terbaik. Karena Tinggi rendahnya kinerja guru akan berdampak pada kualitas siswa, keberhasilan, serta kualitas lembaga sekolah. Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah, yakni bagaimana tingkat efikasi diri guru RA di Kecamatan Blimbing, bagaimana kinerja guru RA di Kecamatan Blimbing, bagaimana hubungan antara efikasi diri guru dengan kinerja mengajar guru RA di Kecamatan Blimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efikasi diri guru RA di Kecamatan Blimbing, untuk mengetahui dan menganalisis kinerja mengajar guru RA di Kecamatan Blimbing, untuk mengetahui tentang adakah hubungan efikasi diri guru dengan kinerja mengajar guru RA di Kecamatan Blimbing. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dimana variabel independent yang digunakan adalah efikasi diri guru dan variabel dependent adalah kinerja mengajar guru RA. Penelitian ini dilakukan di RA yang ada di Kecamatan Blimbing dengan jumlah populasi 127 guru dan yang menjadi sampel 100 guru. Instrumen penelitian ini menggunakan skala likert dengan teknik pengumpulan data kuisioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian antara variabel efikasi diri guru dengan kinerja mengajar guru RA menunjukkan bahwa (I) Tingkat efikasi diri guru yang paling tinggi berada pada indikator keyakinan diri pada bidang yang dikerjakan. (2) Data keseluruhan kinerja mengajar guru RA di kecamatan Blimbing berjumlah 3,64. Rata-rata tertinggi dalam variabel tersebut berada pada indikator ketrampilan menjelaskan. (3) Adanya hubungan efikasi diri guru dengan kinerja mengajar guru RA di kecamatan blimbing.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectefikasi diri guruen_US
dc.subjectkinerja mengajar guru RAen_US
dc.titleHubungan Efikasi Diri Guru Dengan Kinerja Mengajar Guru Ra Se-Kecamatan Blimbingen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record