View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Hubungan Efikasi Diri Guru Dengan Kinerja Mengajar Guru Ra Se-Kecamatan Blimbing

Thumbnail
View/Open
publish (1.403Mb)
fulltext (5.786Mb)
Date
2025-01-09
Author
Syahaif, Rozavia Maharani Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendidikan memegang peranan penting dalam upaya mewujudkan kualitas sumber daya manusia. Dalam bidang pendidikan terlebih pada anak usia dini yang memiliki kemampuan dan potensi besar untuk dikembangkan dengan bantuan orang tua dan orang dewasa atau guru. Oleh karena itu efikasi diri menjadi hal yang penting dikarenakan menyangkut dengan kondisi psikologis subjek pendidikan. Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama yaitu mengajar, mendidik, membimbing, mengarahkan, menilai, melatih dan mengevaluasi peserta didik mulai dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Penilaian kinerja guru juga tidak kalah penting saat setiap sekolah membenahi diri untuk menghasilkan lulusan terbaik. Karena Tinggi rendahnya kinerja guru akan berdampak pada kualitas siswa, keberhasilan, serta kualitas lembaga sekolah. Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah, yakni bagaimana tingkat efikasi diri guru RA di Kecamatan Blimbing, bagaimana kinerja guru RA di Kecamatan Blimbing, bagaimana hubungan antara efikasi diri guru dengan kinerja mengajar guru RA di Kecamatan Blimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efikasi diri guru RA di Kecamatan Blimbing, untuk mengetahui dan menganalisis kinerja mengajar guru RA di Kecamatan Blimbing, untuk mengetahui tentang adakah hubungan efikasi diri guru dengan kinerja mengajar guru RA di Kecamatan Blimbing. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dimana variabel independent yang digunakan adalah efikasi diri guru dan variabel dependent adalah kinerja mengajar guru RA. Penelitian ini dilakukan di RA yang ada di Kecamatan Blimbing dengan jumlah populasi 127 guru dan yang menjadi sampel 100 guru. Instrumen penelitian ini menggunakan skala likert dengan teknik pengumpulan data kuisioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian antara variabel efikasi diri guru dengan kinerja mengajar guru RA menunjukkan bahwa (I) Tingkat efikasi diri guru yang paling tinggi berada pada indikator keyakinan diri pada bidang yang dikerjakan. (2) Data keseluruhan kinerja mengajar guru RA di kecamatan Blimbing berjumlah 3,64. Rata-rata tertinggi dalam variabel tersebut berada pada indikator ketrampilan menjelaskan. (3) Adanya hubungan efikasi diri guru dengan kinerja mengajar guru RA di kecamatan blimbing.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11786
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group