View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Problem Based Learning Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Critical Thinking dan Clinical Reasoning Pada Blok Psikiatri Mahasiswa Fakultas Kedokteran

Thumbnail
View/Open
publish (1.648Mb)
fulltext (2.132Mb)
Date
2024-10-21
Author
Ni’ma, Nailul Muna
Metadata
Show full item record
Abstract
Ni’ma Nailul Muna. Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang, 2024. Pengaruh Problem Based Learning Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Critical Thinking dan Clinical Reasoning Pada Blok Psikiatri Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Pembimbing 1: Rizki Anisa. Pembimbing 2: Ariani Ratri Dewi Pendahuluan: Metode pembelajaran Blok Psikiatri di FK UNISMA setiap tahunnya menjadikan mapping mengenai alur penegakkan diagnosis gangguan jiwa sesuai dengan PPDGJ III sebagai langkah keempat dalam menjalani PBL seven jumps berupa mapping konsep. Oleh karena itu peneliti bermaksud ingin mengetahui apakah metode problem based learning teknik mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan critical thinking dan clinical reasoning mahasiswa pada blok ini. Metode: Penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan metode cross sectional dengan total sampling pada 94 mahasiswa FK UNISMA. Kemampuan critical thinking diukur dengan kuesioner Critical Thinking Disposition Self Rating Form dan kemampuan clinical reasoning diukur dengan kuesioner Diagnostic Thinking Inventory. Problem Based Learning teknik mind mapping diukur dengan rubrik penilaian mind mapping. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan p <0,05 dianggap signifikan. Hasil: Hasil tes critical thinking didapatkan 64,4% responden bernilai >70 dan 35,6% bernilai antara 50-70 (p=0,000). Hasil tes clinical reasoning didapatkan 1,15% bernilai diantara 161-165, 3,45% bernilai diantara 150-155 dan 95,4% <150 (p=0,000). Hal ini menunjukkan bahwa metode PBL teknik mind mapping memiliki pengaruh terhadap kemampuan critical thinking dan clinical reasoning mahasiswa. Kesimpulan: Problem based learning teknik mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan critical thinking dan clinical reasoning pada Blok Psikiatri mahasiswa Fakultas Kedokteran. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), mind mapping, critical thinking, clinical reasoning
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11840
Collections
  • UT - Medical Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group