Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Berbantuan Ispring Quizmaker pada Materi Teorema Pythagoras untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Kelas VIII
Abstract
Kemampuan berpikir reflektif adalah aspek esensial dalam menyelesaikan masalah, terutama dalam bidang matematika. Namun pendekatan konvensional di sekolah seringkali kurang interaktif yang menyebabkan siswa menjadi pasif. Oleh karena itu penggunaan teknologi dalam pembelajaran menjadi sangat penting untuk menarik minat siswa dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Perlunya media pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan, hasil uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran berbasis android berbantuan iSpring QuizMaker untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif siswa kelas VIII.
Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang dilakukan melalui beberapa tahap sebagai berikut : (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation dan (5) Evaluation. Penelitian ini melibatkan 9 siswa kelas VIII sebagai subjek uji kelas kelompok serta 44 siswa dengan rincian 22 siswa kelas VIII B di kelas eksperimen dan 22 siswa kelas VIII C di kelas kontrol. Hasil kevalidan diperoleh dari tiga ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan praktisi. Hasil kelayakan menggunakan angket respon pengguna dan hasil keefektifan menggunakan soal pre test dan post test kemampuan berpikir reflektif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan quasi experimental design jenis pretest-posttest design.
Hasil pengembangan menunjukkan bahwa: (1) Media berbasis android berbantuan ispring quizmaker memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; (2) Hasil analisis kevalidan diperoleh dari data validasi produk oleh ahli media sebesar 3,57, ahli materi sebesar 3,82, dan praktisi sebesar 3,64. Rata-rata skor ini menunjukkan bahwa media termasuk dalam kategori "sangat valid" dan "sangat praktis". Uji kepraktisan dilakukan pada kelompok kecil memperoleh hasil 3,63 dan pada kelompok besar memperoleh hasil 3,58, yang keduanya termasuk dalam kategori "sangat praktis"; dan (3) Hasil analisis keefektifan pada uji independent sample t-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir reflektif siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis Android berbantuan iSpring QuizMaker dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar , dan nilai rata-rata post-test kemampuan berpikir reflektif kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata pre-test. Dengan demikian media pembelajaran berbasis Android berbantuan iSpring QuizMaker terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif siswa. Saran untuk pengembangan media pembelajaran berbasis android selanjutnya diharapkan meningkatkan fitur interaksi seperti simulasi dan game edukatif, soal yang diperbarui secara berkala serta dapat dijalankan disemua jenis smartphone.
Kata Kunci: android, kemampuan berpikir reflektif, media pembelajaran, teorema pythagoras