Show simple item record

dc.contributor.authorFirdaus, Muh. Alif
dc.date.accessioned2020-12-23T04:24:17Z
dc.date.available2020-12-23T04:24:17Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1222
dc.description.abstractSebagaimana kita ketahui bahwa bahasa Inggris adalah bahasa universal, tidak dapat disangkal bahwa bahasa Inggris sangat penting. Untuk mencapai komunikasi bahasa Inggris yang efektif, siswa harus menyadari bahwa bahasa Inggris mencakup beberapa keterampilan yang perlu dikuasai, yaitu menyimak, membaca, menulis, dan berbicara. Padahal, keterampilan berbicara dianggap keterampilan yang paling sulit di antara keterampilan lainnya. Keberhasilan belajar bahasa Inggris dapat diukur dari kemampuan berbicara. Dalam pembelajaran keterampilan berbicara banyak sekali kesulitan yang harus dihadapi oleh siswa, yang paling berpengaruh adalah rasa percaya diri. Banyak siswa yang gagal dalam mempelajari keterampilan berbicara karena kurang percaya diri. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi berbicara pada mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris semester 4 di Universitas Islam Malang. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif untuk menghitung data numerik. Desain penelitian menggunakan desain korelasional dan independent sample t-test. Populasi penelitian berjumlah 140 siswa dan peneliti mengambil 33 siswa sebagai sampel penelitian. Data tersebut mencakup tingkat kepercayaan diri siswa dan nilai berbicara mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (61%) mencapai kepercayaan diri tinggi dalam mengerjakan kuesioner, sedangkan sebagian besar siswa (76%) mencapai nilai rata-rata dalam prestasi berbicara mereka. Berdasarkan hasil korelasi, data menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) adalah 0,610 yang berarti lebih tinggi dari nilai signifikan (0,05). Dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara kepercayaan diri dan prestasi berbicara. Singkatnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Sedangkan berdasarkan hasil uji independent sample t-test taraf signifikansi (p-value) sebesar .000 yang berarti pvalue lebih rendah dari nilai signifikan (0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi dengan siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah dalam prestasi berbicara. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa H1 diterima sedangkan H0 ditolak. Singkatnya, dapat dikatakan bahwa siswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi tidak menentukan prestasi berbicara yang tinggi pula. Akhirnya, para peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian serupa dengan investigasi yang lebih dalam.en_US
dc.language.isoenen_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectSelf Confidenceen_US
dc.subjectSpeaking Achievementen_US
dc.titleThe Interrelationship between Self-Confidence and Speaking Achievementen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record