View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - English Language Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - English Language Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

The Interrelationship between Self-Confidence and Speaking Achievement

Thumbnail
View/Open
Cover, Abstrak, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka (1.491Mb)
Date
2020-08
Author
Firdaus, Muh. Alif
Metadata
Show full item record
Abstract
Sebagaimana kita ketahui bahwa bahasa Inggris adalah bahasa universal, tidak dapat disangkal bahwa bahasa Inggris sangat penting. Untuk mencapai komunikasi bahasa Inggris yang efektif, siswa harus menyadari bahwa bahasa Inggris mencakup beberapa keterampilan yang perlu dikuasai, yaitu menyimak, membaca, menulis, dan berbicara. Padahal, keterampilan berbicara dianggap keterampilan yang paling sulit di antara keterampilan lainnya. Keberhasilan belajar bahasa Inggris dapat diukur dari kemampuan berbicara. Dalam pembelajaran keterampilan berbicara banyak sekali kesulitan yang harus dihadapi oleh siswa, yang paling berpengaruh adalah rasa percaya diri. Banyak siswa yang gagal dalam mempelajari keterampilan berbicara karena kurang percaya diri. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi berbicara pada mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris semester 4 di Universitas Islam Malang. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif untuk menghitung data numerik. Desain penelitian menggunakan desain korelasional dan independent sample t-test. Populasi penelitian berjumlah 140 siswa dan peneliti mengambil 33 siswa sebagai sampel penelitian. Data tersebut mencakup tingkat kepercayaan diri siswa dan nilai berbicara mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (61%) mencapai kepercayaan diri tinggi dalam mengerjakan kuesioner, sedangkan sebagian besar siswa (76%) mencapai nilai rata-rata dalam prestasi berbicara mereka. Berdasarkan hasil korelasi, data menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) adalah 0,610 yang berarti lebih tinggi dari nilai signifikan (0,05). Dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara kepercayaan diri dan prestasi berbicara. Singkatnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Sedangkan berdasarkan hasil uji independent sample t-test taraf signifikansi (p-value) sebesar .000 yang berarti pvalue lebih rendah dari nilai signifikan (0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi dengan siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah dalam prestasi berbicara. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa H1 diterima sedangkan H0 ditolak. Singkatnya, dapat dikatakan bahwa siswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi tidak menentukan prestasi berbicara yang tinggi pula. Akhirnya, para peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian serupa dengan investigasi yang lebih dalam.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1222
Collections
  • UT - English Language Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group