Pengaruh Tingkat Kesiapan Akademik Terkait Goal Orientation dan Gender Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Abstract
Pendahuluan: Goal orientation dan gender merupakan faktor yang membentuk tingkat
kesiapan akademik. Tingkat kesiapan akademik yang tinggi berdampak pula pada tingginya
prestasi akademik yang akan diraih. Peneliti ingin menganalisis faktor kesiapan akademik
terkait goal orientation dan gender terhadap prestasi akademik, serta mengetahui perbedaan
tingkat kesiapan akademik mahasiswa kedokteran antar angkatan.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasi deskriptif analitik dengan pendekatan
cross sectional. Goal orientation diukur menggunakan kuesioner terjemahan langsung
Academic Readiness Questioner (ARQ) yang terdiri dari 22 pertanyaan serta menggunakan
data sekunder. Analisa data menggunakan jalur Partial Least Squares (PLS) dengan teknik
Structural Equation Model (SEM) menggunakan aplikasi Smart-PLS versi 3.0 dan uji
komparatif one-way ANOVA menggunakan aplikasi SPSS versi 17.0.
Hasil: Kesiapan akademik dibentuk oleh goal orientation (T-statistik=10,074) dan gender
(T-statistik=1,209) dengan nilai R
2=0,253. Kesiapan akademik berpengaruh terhadap prestasi
akademik (T-statistik =0,141) dengan nilai R
2=0,028. Model yang dibuat memiliki tingkat
kesesuaian yang moderate (GoF 0,340). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat
kesiapan akademik antar angkatan dengan nilai signifikansi 0,092.
Kesimpulan: Faktor goal orientation lebih berpengaruh secara signifikan dibandingkan
faktor gender dalam membentuk tingkat kesiapan terhadap prestasi akademik. Tidak terdapat
perbedaan secara signifikan tingkat kesiapan akademik yang dimiliki mahasiswa antar
angkatan.