Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Kelompok A Di Tarbiyatul Athfal Sunan Kalijogo Pisang Candi Barat Kota Malang
Abstract
Pendidikan merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia,
sehingga manusia dapat membedakan antara yang baik dan buruk dalam dirinya,
kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Pembentukkan karakter ibarat mengukir.
Karakter merupakan sebuah pola, baik itu pikiran, perasaan, sikap, maupun
tindakan yang melekat pada diri seseorang
Pada penelitian yang ditemukan di Tarbiyatul Athfal Sunan Kalijogo
Pisang Candi Barat Kota Malang perkembangan kemampuan karakter anak yang
muncul sesuai dengan usianya dan dapat dilihat dari perilaku selama disekolah
menunjukkan adanya sikap kemandirian, disiplin, dan memiliki kerjasama yang
baik dengan teman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis karakter
disiplin anak kelompok A. upaya guru dalam membentuk karakter disiplin anak,
dan faktor penghambat dan pendukungnya. Untuk mencapai tujuan tersebut
penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan
analisis yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu teknik analisis
deskriptif kualitatif.
Dalam penelitian ini, karakter disiplin anak kelompok A termasuk disiplin
sedang dimana anak mampu mengerti hal yang harus dilakukan meskipun masih
dengan arahan guru. Upaya yang dilakukan guru dalam membentuk karakter
disiplin anak yaitu hadir tepat waktu, berbaris rapi sebelum masuk kelas,
berpakaian rapi, berdoa sebelum dan sesudah belajar, merapikan mainan setelah
digunakan, makan bersama, dan membuang sampah pada tempatnya. Faktorfaktor yang mendukung yaitu: peran orangtua, sarana prasarana dan peraturan.
Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor perbedaan karakter anak dan
bahasa.