Show simple item record

dc.contributor.authorNunuk, Setiyowati
dc.date.accessioned2021-01-02T03:09:26Z
dc.date.available2021-01-02T03:09:26Z
dc.date.issued2020-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1264
dc.description.abstractBermain adalah kegiatan yang dilakukan anak-anak sepanjang hari, karena bagi anak bermain adalah hidup dan hidup adalah permainan. Anak usia dini tidak membedakan antara bermain, bekerja dan belajar. Anak-anak pada umumnya sangat menikmati permainan dan akan terus melakukannya dimanapun dan kapanpun mereka memiliki kesempatan, karena bermain adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang sampai muncul kesenangan dan kepuasan pada diri anak-anak. Banyaknya anak usia dini terpapar pengaruh penggunaan gawai di lembaga RA 11. Siti Khadijah Kota Batu, menjadikan peneliti termotivasi untuk melakukan penelitian dengan tujuan dapat mengatasi keadaan tersebut. Implementasi media bergambar dengan studi kasus, diharapkan menjadi solusi yang baik bagi lembaga dan pendidik agar bisa menyajikan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan standart operasional prosedur yang ditetapkan. Kreatifitas dan inovasi pendidik dalam menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan anak usia dini mutlak dibutuhkan demi tercapainya tujuan pendidikan bermakna dan menyenangkan. Upaya yang ditempuh peneliti dalam mengatasi pengaruh penggunaan gawai pada anak usia dini dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus yang memusatkan pada satu objek untuk dipelajari secara intensif sebagai suatu kasus yang harus segera dapat ditemukan solusinya. Triangulasi data merupakan teknik pengumpulan data untuk mendapatkan data dari sumber valid melalui wawancara mendalam kepada informan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis taksonomi melalui pengamatan secara terus menerus untuk memperoleh data dan hasil penelitian yang akurat dan dapat dipercaya. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah, dapat di atasinya pengaruh penggunaan gawai pada anak usia dini dengan implementasi media bergambar. Aspek ketercapaian perkembangan kecerdasan anak usia dini menjadi optimal dan lebih baik dalam kegiatan belajar sambil bermain dan bermain seraya belajar yang disajikan pendidik melalui implementasi media bergambar dalam kegiatan pembelajaran bermakna. Simpulan dan saran peneliti adalah, selain inovasi dan kreativitas pendidik dalam penyajian pembelajaran, kerjasama orangtua peserta didik dalam pola asuh juga sangat diperlukan agar anak usia dini bisa tumbuh dan berkembang optimal memiliki kesiapan yang baik untuk bisa melanjutkan pendidikan kejenjang berikutnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMedia Bergambaren_US
dc.subjectPengaruh Penggunaan Gawaien_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.subjectPembelajaran Jenjang Usia Dinien_US
dc.titleImplementasi Media Bergambar (Studi Kasus Di RA.11 Siti Khadijah Kota Batu)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record