Show simple item record

dc.contributor.authorAmaliyah, Evi, Nur A’izah
dc.date.accessioned2021-01-02T03:12:42Z
dc.date.available2021-01-02T03:12:42Z
dc.date.issued2020-06-29
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1268
dc.description.abstractSeiring berjalannya waktu penggunaan smartphone dikalangan pelajar khususnya tingkat SMP terjadi penyalahgunaan. Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan smartphone yang lebih banyak digunakan untuk bermain game, bahkan tidak jarang mengakses situs maupun website yang negatif. Akibatnya terjadi penurunan kualitas akhlak dikalangan peserta didik SMP. Sehingga tidak mengherankan apabila pendidikan karakter menjadi isu dan pembahasan yang urgent untuk segera ditindak lanjuti. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi SMP NU Bululawang untuk memperkuat karakter religius peserta didik di tengah perkembangan teknologi dengan adanya program literasi awal pelajaran. Berdasarkan observasi awal bahwasanya pada saat kegiatan literasi awal pelajaran peserta didik diinstruksikan untuk membuka buku pedoman literasi, tetapi peserta didik memanfaatkan waktu itu untuk membuka smartphone dan digunakan untuk game. Maka dari itu, penguatan karakter religius melalui kegiatan literasi awal pelajaran harus dilaksanakan secara maksimal. Tujuannya agar dari awal terbiasa literasi Al-qur’an dapat menjadi kebiasaan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari untuk mengamalkannya. Berdasarkan latarbelakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yaitu tentang bagaimana program literasi awal pelajaran peserta didik SMP NU Bululawang dilakukan, bagaimana keterkaitan antara program literasi awal pelajaran dengan karakter religius peserta didik dan bagaimana penguatan karakter religius melalui program literasi awal pelajaran pada peserta didik kelas VIII B SMP NU Bululawang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan program literasi awal pelajaran pada peserta didik SMP NU Bululawang dilakukan, mendeskripsikan keterkaitan program literasi awal pelajaran dengan karakter religius peserta didik SMP NU Bululawang dan mendeskripsikan penguatan karakter religius melalui program literasi awal pelajaran pada peserta didik kelas VIII B SMP NU Bululawang. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh secara tertulis maupun dokumentasi atau foto. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yaitu metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan-catatan, transkip, buku, surat kabar, makalah, dan laporan-laporan. Hasil temuan penelitian yang diperoleh yaitu intensitas bacaan Al-qur’an lebih difokuskan pada pembacaan juz amma dan dilaksanakan setiap sebelum memulai kegiatan pembelajaran. Kegiatan literasi awal pelajaran meliputi pembacaan Alqur’an, do’a sebelum belajar dan sholawat thobibi qolbi dapat membentuk karakter religius peserta didik secara bertahap. Jika kegiatan ini dilakukan secara rutin maka, karakter religius tersebut dapat mengarahkan peserta didik menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik. Kegiatan literasi yang dilakukan SMP NU Bululawang didampingi oleh Bapak/Ibu guru yang mengajar di awal pelajaran. Setiap peserta didik memiliki buku atau jurnal literasi yang berisi judul, pengarang, dan amanat dari cerita. Adanya program literasi awal pelajaran dapat membentuk karakter religius peserta didik melalui membaca al-qur’an, do’a awal pelajaran, dan sholawat thobibi qolbi. Program tersebut mampu mengasah akal, jasmani dan hati agar peserta didik memiliki karakter religius yang kuat. Hal yang perlu dipertimbangkan sebagai saran yaitu pengembangan program literasi awal pelajaran. Sebagai contoh peserta didik dapat menambah bacaan literasi dengan membaca asmaul husna. Hal ini dapat dipadukan dengan program lain yang terdapat pada literasi awal pelajaran secara kreatif dan inovatif agar diperoleh hasil yang lebih baik dan memuaskanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.subjectReligiusen_US
dc.subjectLiterasien_US
dc.titlePenguatan Karakter Religius Melalui “Program Literasi” Awal Pelajaran pada Siswa Kelas VIII B SMP NU Bululawangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record