Pemikiran KH. Tholhah Hasan dan BJ.Habibie Tentang Pendidikan Islam

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Ghazali, Ahmad Syukri Billah
dc.date.accessioned 2021-01-02T03:13:48Z
dc.date.available 2021-01-02T03:13:48Z
dc.date.issued 2020-08-06
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1269
dc.description.abstract Pendidikan Islam adalah usaha bimbingan jasmani dan rohani pada tingkat kehidupan individu dan sosial untuk mengembangkan fitrah manusia berdasarkan hukum-hukum Islam menuju terbentuknya manusia ideal (insan kamil) yang berkepribadian muslim dan berakhlak terpuji serta taat pada Islam sehingga dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. saat ini semakin banyak tokoh atau pakar yang telah memberikan sumbangsihnya atau kontribusinya terhadap pembangunan atau pembentukan pendidikan Islam dan segala aspeknya. Jasajasa mereka melalui karya atau pemikirannya tidak sedikit dalam rangka ikut memberikan perubahan terhadap kondisi manusia Indonesia. Sumbangsihnya ini sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki dan dikuasainya. Sehubungan dengan itu lahir dua tokoh besar Islam yang memperhatikan masalah pendidikan Islam yaitu KH. Tholhah Hasan dan BJ Habibie. Beliau berdua sebagai cendekiawan muslim Indonesia berupaya mengembangkan pendidikan Islam. Berdasarkan dasar pemikiran itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran pendidikan Islam KH. Tholhah Hasan dan BJ. Habibie yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pendidikan islam, Adapun metode penelitian dalam penulisan ini menggunakan metode deskriptif (decriptive method), yakni memaparkan secara jelas beberapa permasalahan yang diungkap melalui pendekatan pustaka. atau menggali datadata yang bersumber dari bahan bacaan,dan berbagai literatur yang mengupas masalah pendidikan Islam dan perjalanan karir KH. Tholhah Hasan dan BJ. Habibie Pemikiran KH. Tholhah Hasan tentang pendidikan islam tidak hanya terbatas pada lebel Islam atau lembaga keislaman seperti Pondok Pesantren atau Madrasah, juga tidak terbatas pada pembelajaran ilmu-ilmu agama Islam, seperti tauhid, tafsir hadits, fiqih, dan tasawwuf. Pendidikan Islam mencakup semua aktifitas, visi, misi, institusi, kurikulum, metodologi, proses belajar mengajar, sumber daya manusia kependidikan, VI lingkungan pendidikan, yang disemangati dan bersumber pada ajaran dan nilainilai Islam. Sedangkan BJ. Habibie memiki pemikiran Pendidikan Islam didasarkan pada paradigma wahyu yang dilegitimasi oleh sejumlah pesan normatif, sedangkan sistem pendidikan Nasional didasrkan pada kerangka “idiologi” masyarakat indonesia yang mengkristalisasi nilai-nilai kebudayaan luhur sebelum mereka yang telah tumbuh beberapa waktu sekian lamanya. Hanya saja karena masyarakat Indonesia pada sisi lain dipandang sebagai masyarakat beragama, maka nilai-nilai dari kebudayaan luhur yang terpantul pun menggambarkan kristalisasi keberagamaan masyarakat Indonesia tanpa perlu melupakan IMTAQ & IPTEK sebagai acuan pendidikan modern yang selalu BJ Habibie gaungkan. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pemikiran en_US
dc.subject Pendidikan en_US
dc.subject Islam en_US
dc.title Pemikiran KH. Tholhah Hasan dan BJ.Habibie Tentang Pendidikan Islam en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account