Show simple item record

dc.contributor.authorAtiqa, Dewi
dc.date.accessioned2021-01-02T03:23:26Z
dc.date.available2021-01-02T03:23:26Z
dc.date.issued2020-07-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1277
dc.description.abstractAl-Qur’an adalah firman yang Allah SWT turunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Jika dibaca, diibaratkan sebagai ibadah. Al-Qur’an sebagai fokus utama dalam ajaran-ajaran atau aturan-aturan dalam Islam yang merupakan sebagai pedoman maupun fondasi hidup umat muslim di dunia. Al-Qur’an bukan hanya mengkaji tentang hablum minallah (manusia dengan Tuhan), namun juga mengkaji tentang hablum minannas (manusia dengan sesama manusia), dan hablum minal alam (hubungan manusia dengan alam semesta). Pentingnya Al-Qur’an dalam pendidikan akhlak bisa diamati dari fakta tentang hal-hal yang dikemukakan oleh Nata (2005: 84) yaitu: a) Di dalam AlQur’an menyatakan macam-macam perbuatan buruk dan perbuatan baik, b) Tujuan dari Al-Qur’an salah satunya adalah membimbing muslim agar menjauhi akhlak buruk dan menjalankan akhlak yang baik. Al-Qur’an memberikan langkah-langkah melaksanakannya melalui kisah-kisah para nabi dan rasul serta para sahabat yang ada di dalam Al-Qur’an, c) Al-Qur’an juga menuturkan dan memberi anjuran berbentuk pahala bagi muslim yang berakhlak mulia (mahmudah) dan azab bagi muslim yang berakhlak tercela (madzmumah). Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian yakni tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 90 dan implementasi pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 90 pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Qur’an surat An-Nahl Ayat 90 dan implementasi pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Qur’an surat An-Nahl Ayat 90 pada kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai hal tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif berjenis studi kepustakaan (library research). Prosedur pengumpulan data dilakukan memakai metode tafsir tahlili. Metode ini ialah metode yang mufassir-nya melakukan tafsir menafsir dan menjelaskan isi pokok ayat-ayat Al-Qur’an yang ditinjau dari aspek-aspek yang memperhatikan rangkaian-rangkaian ayat-ayat yang ada di dalam mushaf. Dari penelitian ini, nilai-nilai pendidikan akhlak dalam perspektif AlQur’an surat An-Nahl ayat 90 yaitu memerintahkan manusia memiliki sikap adil, selalu berbuat kebajikan, membatu kerabat, melarang berbuat keji, kemungkaran dan permusuhan agar tercipta perdamaian dan kerukunan antar sesama manusia di muka bumi ini dan mendapatkan ridho dari Allah SWT untuk mendapatkan surganya. Implementasi pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Qur’an Surat AnNahl Ayat 90 pada kehidupan sehari-hari yakni berawal dari sebuah pendidikan. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi manusia, maka hal yang harus ditempuh bahkan merupakan sebuah kewajiban adalah menuntut ilmu atau mendapatkan pendidikan. Seseorang yang dapat menerapkan akhlak-akhlak yang ada dalam surat An-Nahl ayat 90 merupakan mereka yang memperoleh pendidikan mengenai akhlak-akhlak tersebut, sehingga mereka mengetahui mana akhlak yang harus diterapkan dan ditinggalkan dalam kehidupannya sehingga dapat berinteraksi dengan baik terhadap sesama makhluk ciptaan Allah SWT.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAnalisisen_US
dc.subjectNilai-Nilaien_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectPendidikan Akhlaken_US
dc.titleAnalisis Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an Surat An-Nahl Ayat 90 pada Kehidupan Sehari-harien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record