dc.description.abstract | Al-Qur’an adalah firman yang Allah SWT turunkan kepada Nabi
Muhammad SAW. Jika dibaca, diibaratkan sebagai ibadah. Al-Qur’an sebagai
fokus utama dalam ajaran-ajaran atau aturan-aturan dalam Islam yang merupakan
sebagai pedoman maupun fondasi hidup umat muslim di dunia. Al-Qur’an bukan
hanya mengkaji tentang hablum minallah (manusia dengan Tuhan), namun juga
mengkaji tentang hablum minannas (manusia dengan sesama manusia), dan hablum
minal alam (hubungan manusia dengan alam semesta).
Pentingnya Al-Qur’an dalam pendidikan akhlak bisa diamati dari fakta
tentang hal-hal yang dikemukakan oleh Nata (2005: 84) yaitu: a) Di dalam AlQur’an menyatakan macam-macam perbuatan buruk dan perbuatan baik, b) Tujuan
dari Al-Qur’an salah satunya adalah membimbing muslim agar menjauhi akhlak
buruk dan menjalankan akhlak yang baik. Al-Qur’an memberikan langkah-langkah
melaksanakannya melalui kisah-kisah para nabi dan rasul serta para sahabat yang
ada di dalam Al-Qur’an, c) Al-Qur’an juga menuturkan dan memberi anjuran
berbentuk pahala bagi muslim yang berakhlak mulia (mahmudah) dan azab bagi
muslim yang berakhlak tercela (madzmumah).
Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian yakni tentang nilai-nilai
pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 90 dan
implementasi pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 90
pada kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan tentang nilai-nilai
pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Qur’an surat An-Nahl Ayat 90 dan
implementasi pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Qur’an surat An-Nahl Ayat
90 pada kehidupan sehari-hari.
Untuk mencapai hal tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan
pendekatan kualitatif berjenis studi kepustakaan (library research). Prosedur
pengumpulan data dilakukan memakai metode tafsir tahlili. Metode ini ialah
metode yang mufassir-nya melakukan tafsir menafsir dan menjelaskan isi pokok
ayat-ayat Al-Qur’an yang ditinjau dari aspek-aspek yang memperhatikan
rangkaian-rangkaian ayat-ayat yang ada di dalam mushaf.
Dari penelitian ini, nilai-nilai pendidikan akhlak dalam perspektif AlQur’an surat An-Nahl ayat 90 yaitu memerintahkan manusia memiliki sikap adil,
selalu berbuat kebajikan, membatu kerabat, melarang berbuat keji, kemungkaran
dan permusuhan agar tercipta perdamaian dan kerukunan antar sesama manusia di
muka bumi ini dan mendapatkan ridho dari Allah SWT untuk mendapatkan
surganya.
Implementasi pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Qur’an Surat AnNahl Ayat 90 pada kehidupan sehari-hari yakni berawal dari sebuah pendidikan.
Sebagaimana telah kita ketahui bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang sangat
penting bagi manusia, maka hal yang harus ditempuh bahkan merupakan sebuah
kewajiban adalah menuntut ilmu atau mendapatkan pendidikan. Seseorang yang
dapat menerapkan akhlak-akhlak yang ada dalam surat An-Nahl ayat 90 merupakan
mereka yang memperoleh pendidikan mengenai akhlak-akhlak tersebut, sehingga
mereka mengetahui mana akhlak yang harus diterapkan dan ditinggalkan dalam
kehidupannya sehingga dapat berinteraksi dengan baik terhadap sesama makhluk
ciptaan Allah SWT. | en_US |