Implementasi Nilai Religius dalam Pembentukkan Karakter Peserta Didik Melalui Sholat Dhuha di MTS Darul Karomah Randuagung Singosari

Show simple item record

dc.contributor.author Mahdalena, Roydah Dewi
dc.date.accessioned 2021-01-04T04:33:31Z
dc.date.available 2021-01-04T04:33:31Z
dc.date.issued 2020-07-18
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1291
dc.description.abstract Pendidikan senantiasa menjadi perhatian utama dalam hal membangun kecerdasan dan juga kepribadian peserta didik agar nantinya bisa menjadi insan yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan di madrasah tidak hanya terkait dengan penguasaan ilmu pengetahuan dibidang akademik, namun juga harus diimbangi dengan pembentukkan karakter. Salah satu yang terkandung dalam pendidikan karakter adalah nilai religius yang disebut dengan karakter keagamaan. Karakter religius sangat berpengaruh bagi kehidupan peserta didik kedepannya. Oleh sebab itu kebiasaan-kebiasaan yang baik menurut syariat islam harus ditanamkan sejak dini kepada para peserta didik seperti pembiasaan sholat dhuha, tatakrama dan sopan santun terhadap guru, orang tua bahkan orang yang lebih dewasa. Pada saat ini banyak anak-anak yang kurang memperhatikan pendidikan karakter keagamaan, penyebab utamanya adalah lingkungan masyarakat yang kurang baik serta minimnya pendidikan karakter keagamaan disetiap lembaga pendidikan. Terkait hal tersebut peneliti menemukan keunikan tersendiri di MTs Darul Karomah Randuagung Singosari, yaitu adanya pendidikan karakter yang diterapkan melalui pembiasaan religius yang ada di madrasah. Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah yaitu mengenai Pelaksanaan Nilai Religius dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui sholat dhuha di Madrasah Stanawiyah Darul Karomah Randuagung Singosari dan bagaimana Manfaat Implementasi Nilai Religius dalam Pembentukan Karakter Peserta didik melalui sholat dhuha di Madrasah Stanawiyah Darul Karomah Randuagung Singosari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan nilai religius dalam pembentukkan karakter peserta didik melalui sholat dhuha di MTs Darul Karomah Randuagung Singosari dan Manfaat Implementasi Nilai Religius dalam Pembentukkan Karakter Peserta didik melalui sholat dhuha di Madrasah Stanawiyah Darul Karomah Randuagung Singosari. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian, peneliti berperan sebagai instrumen kunci atau utama. Peneliti merupakan perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis, penafsiran data dan pada akhir nya peneliti sebagai pelopor hasilnya. Oleh sebab itu kehadiran peneliti dilapangan menjadi faktor penting dalam seluruh kegiatan penelitian serta sebagai tolak ukur keberhasilan untuk memahami kasus yang diteliti. Data yang terkumpul ditafsirkan dan dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa Implementasi nilai religius dalam pembentukan karakter peserta didik melalui sholat dhuha di MTs Darul Karomah Randuagung Singosari terlaksana dengan baik dan ada peningkatan di setiap harinya. Peserta didik tanpa ditegur atau disuruh sudah ikut serta dalam mengikuti kegiatan-kegiatan terutama kegiatan yang bersifat religius. Peserta didik MTs Darul Karomah Randuagung memiliki akhlak yang baik yang sudah tertanam dalam diri mereka. Proses penerapan nilai religius dalam pembentukkan karakter peserta didik di MTs Darul Karomah Randuagung sudah direalisasikan sesuai visi, misi dan tujuan Madrasah. Bentuk pelaksaan penerapan budaya religius dalam pembentukkan karakter peserta didik adalah melalui sholat dhuha serta bersalaman dengan bapak ibu guru ketika berpapasan. Dalam pengimplentasinya terdapat beberapa cara diantaranya keteladan yang diberikan guru, pembiasaan yang dilakukan sehari-hari serta kerjasama dan pengawasan oleh kepala sekolah, guru, seluruh staff dan karyawan, orang tua siswa serta masyarakat sekitar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi nilai religius dalam pembentukkan pendidikan karakter melalui sholat dhuha di MTs Darul Karomah Randuagung Singosari berjalan dengan baik dan setiap harinya selalu ada peningkatan. Penerapannya melalui pembiasaan-pembiasaan positif yang sudah terlaksana setiap harinya agar peserta didik menjadi pribadi yang baik, dengan kegiatan-kegiatan yang dapat membentuk karakter religius peserta didik yang telah disusun secara terstruktur sehingga peserta didik dapat mematuhi dan menjalankan kegiatan-kegiatan tersebut dengan maksimal sesuai dengan visi, misi dan tujuan madrasah. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Nilai Religius en_US
dc.subject Sholat Dhuha en_US
dc.subject Implementation en_US
dc.subject Character Education en_US
dc.subject Religious Values en_US
dc.subject Prayer Dhuha en_US
dc.title Implementasi Nilai Religius dalam Pembentukkan Karakter Peserta Didik Melalui Sholat Dhuha di MTS Darul Karomah Randuagung Singosari en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account