dc.description.abstract | Pada dasarnya loyalitas pelanggan dapat tercermin dari kebiasaan
pelanggan yang konsisten terhadap suatu produk atas jasa yang dinikmati. Banyak
perusahaan mempercayai kepuasan pelanggan sebagai jaminan keberhasilan
dikemudian hari. Dalam menjalankan suatu bisnis, ketika harus memenuhi
kepuasan konsumen saja tidak pernah cukup karena apabila konsumen
menemukan produk pesaing yang lebih baik maka besar kemungkinan konsumen
akan beralih ke pesaing. Maka dari itu pemenuhan kepuasan konsumen harus
dibarengi dengan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Trust Terhadap Loyalitas dengan
Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan di PT Hapeel Pharmindo
Malang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan analisis data dengan
menggunakan statistik sebagai teknik analisisnya. Penelitian ini dilakukan pada
bulan Januari 2020 – bulan Juni 2020 dan menggunakan sampel 100 orang
responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan uji
statistic menggunakan SPSS dan uji Sobel Test Calculator.
Berdasarkan hasil analisis penelitian ini maka diperoleh beberapa
simpulan sebagai berikut, yaitu: (1) Variabel harga, kualitas pelayanan dan
kepercayaan (Trust) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan di PT Hapeel Pharmindo Malang; (2) Variabel harga, kualitas
pelayanan dan kepercayaan (Trust) berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap loyalitas pelanggan di PT Hapeel Pharmindo Malang; (3) variabel
Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas
Pelanggan di PT Hapeel Pharmindo Malang; dan (4) Variabel harga, kualitas
pelayanan dan kepercayaan (Trust) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas melalui kepuasan pelanggan di PT Hapeel Pharmindo Malang.
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan kesimpulan yang diperoleh,
maka saran bahwa PT Hapeel Pharmindo Malang disarankan untuk mengarahkan
para staf dan karyawan agar dapat memaksimalkan pengiriaman sesuai denga
komitmen yang dijanjikan serta mempertahankan kualitas layanan dan penetapan
harga supaya ada kepercayaan dan kepuasan pelanggan serta akan menjadi loyal. | en_US |