Show simple item record

dc.contributor.authorRiansyah, Imelda Ayu Shinta
dc.date.accessioned2021-01-06T02:37:05Z
dc.date.available2021-01-06T02:37:05Z
dc.date.issued2020-06-18
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1356
dc.description.abstractDalam proses pendidikan minat belajar sangat penting, karena minat merupakan syarat mutlak untuk belajar. Pada beberapa instansi pendidikan memiliki banyak masalah peserta didik dengan berbagai macam sifat seperti contoh pemalas, suka bolos, tidak menyenangkan dan lain sebagainya. Dalam hal ini, tenaga pendidik dapat dikatakan tidak berhasil memberikan sebuah motivasi yang tepat untuk mendorong peserta didik nya agar ia mau mengerjakan sesuatu dengan semangat dan penuh giat. Dalam hal ini pemberian reward dan punishment diharapkan mampu mnumbuhkan minat belajar para peserta didik Adanya pemberian hadiah (Reward) dan hukuman (Punishment) dimaksudkan agar peserta didik dapat mengikuti proses pembelajaran dengan semangat dan bertanggung jawab. Pemberian hadiah (reward) dan hukuman (punishment) juga dapat digunakan sebagai penguatan dan stimulus dalam mendidik siswa. Pemberian penghargaan (reward) diharapkan dapat menumbuhkan semangat berkompetisi yang baik diantara peserta didik dalam mencapai kompetensi, sedangkan pemberian hukuman (punishment) diharapkan dapat menjadi pelajaran tanggung jawab bagi semua peserta didik atas semua yang mereka lakukan terkait dengan pembelajaran di kelas. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang bagaimana reward dan punishment mahasiswa PGMI semester IV Universitas Islam Malang, bagaimana minat belajar mahasiswa PGMI semester IV Universitas Islam Malang, dan adakah pengaruh reward dan punishment terhadap minat belajar mahasiswa PGMI semester IV Universitas Islam Malang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana reward dan punishment mahasiswa PGMI semester IV Universitas Islam Malang, Untuk mengetahui bagaimana minat belajar mahasiswa PGMI semester IV Universitas Islam Malang, Untuk mengetahui apakah ada pengaruh reward dan punishment terhadap minat belajar mahasiswa PGMI semester IV Universitas Islam Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif menggunakan metode survey. Adapun tujuannya untuk menjelaskan bagaimana hubungan dan pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Adapun instrument yang digunakan adalah lembar angket. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa tingkat pengaruh pemberian reward dan punishment pada mahasiswa semester IV PGMI universitas islam Malang 4% berada pada tingkatan sangat baik, 28% berada pada tingkatan baik, 52% berada pada tingkatan cukup, dan 16% pada tingkatan kurang. Sedangkan tingkat minat belajar mahasiswa semester IV PGMI Universitas Islam Malang vii yaitu 12% siswa berada pada tingkatan baik sekali , 60% siswa berada pada tingkatan baik, 20% siswa berada pada tingkatan cukup, dan 8% berada pada tingkatan kurang. Setelah melalui penghitungan statistik dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap minat belajar mahasiswa. Hal ini dapat kita lihat dari hasil analisis statistik bahwa Phi ( Ø ) sebesar 0,460, berada di atas angka penolakan taraf signifikan 5% yaitu 0,396. Jadi hipotesis yang diajukan dapat diterima atau dengan bahasa lain pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap minat belajar mahasiswa semester IV PGMI universitas islam Malang termasuk dalam kategori cukup atau sedang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectRewarden_US
dc.subjectPunishmenten_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.titlePengaruh Reward dan Punishment terhadap Minat Belajar Mahasiswa PGMI Semester IV Universitas Islam Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record