Show simple item record

dc.contributor.authorMegawati
dc.date.accessioned2021-01-06T02:38:16Z
dc.date.available2021-01-06T02:38:16Z
dc.date.issued2020-07-27
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1357
dc.description.abstractPendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan memiliki banyak materi. Pada pelajaran ini beraneka ragam materi dan metodenya, salah satunya yakni menggunakan permainan tradisional sebagai alat pendidikan dengan bermain yang mengandung nilai untuk mengembangkan harmoni antara jiwa dan raga. Melalui mata kuliah PenjasOrkes permainan tradisional disajikan pada program studi PGMI untuk membantu mahasiswa PGMI menjadi calon pendidik yang lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan materi pembelajaran PenjasOrkes kepada peserta didik, setelah lulus nantinya. Adapun beberapa permainan tradisional yang di peragakan dan dimainkan oleh mahasiswa PGMI dari masing-masing kelompok yaitu, bentengan, kasti, lompat tali, sepur sepuran, gobak sodor, ular makan buntutnya. Permainan Tradisional yang diperagakan mahasiswa mampu meningkatkan kerjasama dan semangat siswa dalam mengikuti perkuliahan PenjasOrkes. Dari uraian diatas peneliti tertarik melakukan penelitian tentang Implementasi Permainan Tradisional Pada Mata Kuliah Pendidikan Jasmani dan Olahraga Mahasiswa PGMI Strata 1 Angkatan 2016 Universitas Islam Malang. Latar belakang penelitian maka peneliti merumuskan yakni, perencanaan, penerapan dan faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan permainan tradisional yang diterapkan pada mata kuliah pendidikan jasmani dan olahraga mahasiswa PGMI strata 1 angkatan 2016 Universitas Islam Malang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, penerapan dan faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan permainan tradisional yang diterapkan pada mata kuliah pendidikan jasmani dan olahraga mahasiswa PGMI strata 1 angkatan 2016 Universitas Islam Malang. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian ini adalah: 1) Perencanaan permainan tradisional pada mata kuliah pendidikan jasmani dan oleh raga oleh kepala program studi Dosen diberikan workshop berkaitan dengan rencana program studi (RPS). Dosen merencanakan materi permainan tradisional berpedoman pada CPL atau iii capaian kompetensi lulusan yang berkaitan dengan capaian pembelajaran lulusan yang ada pada kurikulum PGMI. Meteri permainan tradisional disajikan disesuaikan dengan materi-materi yang pada tingkat dasar. 2)Penerapan permainan tradisional pada mata kuliah pendidikan jasmani dan olahraga mahasiswa PGMI strata 1 angkatan 2016 Unisma Penerapan permainan tradisional pada mata kuliah PGMI angkatan 2016 dilaksanakan oleh Mahasiswa PGMI itu sendiri dengan di arahkan oleh dosen pengampu mata kulian penjas. Beliau menunjuk sepenuhnya kepada mahasiswa untuk menerapkan permainan tradisional pada perkuliahan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ada beberapa permainan yang dimainkan yaitu, lompat tali yang menggunakan tali karet, bentengan menggunakan tiang atau benda-benda yang ada disekitar, gobak sodor menggunakan kapur, sepur-sepuran, serta kucing dan tikus. Semua permainan dimainkan sesuai cara dan aturan dalam permainan masing-masing. 3)Faktor-faktor pendukung impelmentasi permainan tradisional yaitu , kesiapan fisik, penguasaan materi, ketepatan waktu dan sportif. Adapun faktor penghambat kurangnya penguasaan materi, kurangnya ketepatan waktu, kurangnya pengelolaan kelas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasi Permainan Tradisionalen_US
dc.subjectPendidikan Jasmani dan Olahragaen_US
dc.titleImplementasi Permainan Tradisional pada Mata Kuliah Pendidikan Jasmani dan Olahraga Mahasiswa PGMI Angkatan 2016 Universitas Islam Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record