Show simple item record

dc.contributor.authorNarwani, Anggi Ayu Dwi
dc.date.accessioned2021-01-06T02:41:28Z
dc.date.available2021-01-06T02:41:28Z
dc.date.issued2020-07-27
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1359
dc.description.abstractPenelitian yang telah dilakukan ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Dimana peneliti ini mengambarkan atau menafsirkan keadaan mengenai masalah yang akan diteliti. Sumber data diperoleh dari guru kelas dan siswa, sumber data juga diperoleh dari kepala sekolah sebagai tambahan bahan referensi. Dalam proses pengumpulan data digunakan beberapa metode penelitian, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi Fokus pada penelitian ini bagaimana kesulitan siswa ketika membaca AlQur’an pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, bagaimana pembelajaran AlQur’an Hadits, bagaimana peran guru agama Islam dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan siswa ketika membaca AlQur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di SMA Islam Nusantara, untuk mengetahui pembelajaran Al-Qur’an Hadits di SMA Islam Nusantara, untuk mengetahui bagaimana peran guru agama Islam dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di SMA Islam Nusantara. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa: (1) kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di SMA Islam Nusantara adalah kesulitan dalam membaca ayat-ayat Al-Qur’an, memahami huruf yang disambung, dalam pengucapan makhorijul khuruf, dan dalam mempraktikkan hukum bacaaan tajwid. (2) proses pelaksanaan pembelajaran yang ada dalam pelajaran Qur’an Haidts sudah dilakukan dengan memulai dari kegiatan pendahuluan, kegiaatan inti, dan juga kegiatan penutup. Guru melakukan kegiatan pendahuluan pembelajaran dengan mengkondisikan kelas terlebih dahulu dan akan memulai kelas ketika peserta didik sudah siap untuk belajar, mengabsen siswa, kemudian menanyakan materi minggu kemarin dikaitkan dengan materi sekarang. Dalam kegiatan penutup guru selalu mengakhiri pembelajaran dengan membuat kesimpulan dan juga memberikan evaluasi. (3) Guru berperan dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan mengutamakan kegiatan pembiasaan lidah atau pelafalan yang diucapkan oleh peserta didik untuk mengucapkan huruf-huruf Al-Qur’an selain itu peran guru juga adalah: a) sebagai pendidik, b) sebagai pengajar, c) sebagai motivator.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPeran Guruen_US
dc.subjectKesulitan Siswa Membacaen_US
dc.subjectAl-Qur'an Haditsen_US
dc.titlePeran Guru Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Sekolah Menengah Atas Islam Nusantaraen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record