Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Siswa di SMK PGRI 3 Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Choirunnisa, Saraskia Mei
dc.date.accessioned 2021-01-06T02:45:12Z
dc.date.available 2021-01-06T02:45:12Z
dc.date.issued 2020-07-27
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1360
dc.description.abstract Guru pendidikan agama Islam sangatlah berperan penting dalam pembentukan karakter disiplin siswa di sekolah. Karena guru pendidikan agama Islam adalah guru yang dapat mendidik karakter siswa sesuai dengan syari’at Islam. Peran dari guru pendidikan agama Islam tersebut membentuk tingkah laku siswa yang sebelumnya kurang baik menjadi baik, dan yang sebelumnya baik menjadi lebih baik lagi. Dengan demikian guru pendidikan agama Islam selain mentransfer ilmu Agama juga berperan penting dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan syari’at Islam dan budaya bangsa Indonesia. Dari latar belakang maka peneliti mempunya fokus penelitian, sebagai berikut: bagaimana kondisi kedisiplinan siswa kelas X Otomotif B, bagaimanakah peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa kelas X Otomotif B di SMK PGRI 3 Malang dan kendala guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa kelas X Otomotif B?, adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi kedisiplinan siswa kelas X Otomotif B, mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa kelas X Otomotif B di SMK PGRI 3 Malang dan mendeskripsikan kendala0guru pendidikan agama0Islam dalam membentuk karakter kedisiplinan0siswa kelas X Otomotif B. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari manusia atau informan yaitu guru pendidikan agama Islam, waka kurikulum, kepala sekolah, dan siswa kelas X Otomotif B. Dokumen berupa foto dan data siswa kelas X Otomotif B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan pengamatan lebih lama, wawancara lebih mendalam, diskusi ahli, diskusi teman sejawat, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dan dipahami bahwa peran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas X Otomotif B di SMK PGRI 3 Malang sudah baik, dimana guru pendidikan agama Islam telah mengajarkan dan membimbing siswa untuk selalu berkarakter disiplin yang baik. Adapun kendala yang ditemui guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter disiplin siswa adalah faktor internal atau faktor dari dalam yaitu kurangnya kesadaran dari dalam diri siswa bahwa berkarakter disiplin itu penting, serta ada faktor eksternal yakni faktor yang dipengaruhi dari luar seperti pergaulan teman sebaya yang kurang baik. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Karakter en_US
dc.subject Kedisiplinan en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.title Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Siswa di SMK PGRI 3 Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account