dc.description.abstract | Guru pendidikan agama Islam sangatlah berperan penting dalam
pembentukan karakter disiplin siswa di sekolah. Karena guru pendidikan agama
Islam adalah guru yang dapat mendidik karakter siswa sesuai dengan syari’at
Islam. Peran dari guru pendidikan agama Islam tersebut membentuk tingkah laku
siswa yang sebelumnya kurang baik menjadi baik, dan yang sebelumnya baik
menjadi lebih baik lagi. Dengan demikian guru pendidikan agama Islam selain
mentransfer ilmu Agama juga berperan penting dalam membentuk karakter siswa
yang sesuai dengan syari’at Islam dan budaya bangsa Indonesia.
Dari latar belakang maka peneliti mempunya fokus penelitian, sebagai
berikut: bagaimana kondisi kedisiplinan siswa kelas X Otomotif B, bagaimanakah
peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter kedisiplinan
siswa kelas X Otomotif B di SMK PGRI 3 Malang dan kendala guru pendidikan
agama Islam dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa kelas X Otomotif B?,
adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi kedisiplinan
siswa kelas X Otomotif B, mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam
dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa kelas X Otomotif B di SMK PGRI
3 Malang dan mendeskripsikan kendala0guru pendidikan agama0Islam dalam
membentuk karakter kedisiplinan0siswa kelas X Otomotif B. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari manusia atau informan
yaitu guru pendidikan agama Islam, waka kurikulum, kepala sekolah, dan siswa
kelas X Otomotif B. Dokumen berupa foto dan data siswa kelas X Otomotif B.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan pengamatan lebih
lama, wawancara lebih mendalam, diskusi ahli, diskusi teman sejawat, triangulasi
sumber dan triangulasi teknik.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dan dipahami bahwa peran yang
dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter
disiplin siswa kelas X Otomotif B di SMK PGRI 3 Malang sudah baik, dimana
guru pendidikan agama Islam telah mengajarkan dan membimbing siswa untuk
selalu berkarakter disiplin yang baik. Adapun kendala yang ditemui guru
pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter disiplin siswa adalah faktor
internal atau faktor dari dalam yaitu kurangnya kesadaran dari dalam diri siswa
bahwa berkarakter disiplin itu penting, serta ada faktor eksternal yakni faktor yang
dipengaruhi dari luar seperti pergaulan teman sebaya yang kurang baik. | en_US |