Show simple item record

dc.contributor.authorAlbasthomi, M. Yazid
dc.date.accessioned2021-01-06T03:03:30Z
dc.date.available2021-01-06T03:03:30Z
dc.date.issued2020-07-25
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1368
dc.description.abstractGuru merupakan profesi yang sangat mulia dan pendidikan menjadi pusat peradaban didalam Islam. Maka dari itu, seorang guru bukan hanya sekedar menjadi pengajar siswa di dalam kelas melainkan menjadi sosok pendidik yang memajukan peradaban suatu bangsa. Untuk memenuhi hal tersebut diperlukan sosok guru profesional yang kompeten dalam bidangnya dan memiliki karakter dan akhlak yang mulia. Dalam menentukan standar guru profesional ditemukan kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim dan undang-undang guru dan dosen no. 14 tahun 2005. Kedua sumber data tersebut belum pernah dikaji sebelumnya, sehingga peneliti tertarik untuk menganalisis dan membahas relevansi keduanya mengenai standar guru profesional. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Bagaimana karakter guru ideal dalam kitab Adabul Alim Wal Muta’allim, 2) Bagaimana karakter guru ideal dalam Undang-Undang Guru dan dosen No 14 Tahun 2005, 3) Bagaimana relevansi karakter guru ideal dalam kitab Adabul Alim Wal Muta’allim dan Undang-Undang Guru dan dosen No 14 Tahun 2005. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskritif kualitatif dangan jenis penelitian kepustakaan (library research).Adapun data yang diteliti adalah poin karakteristik guru ideal yang termuat. Sumber data adalah kitab adabul ‘alim wal muta’alim dan undang-undang guru dan dosen no. 14 tahun 2005. Pengumpulan datanya dengan cara dokumenter. Analisis data dengan cara mengklarifikasikan data dan disajikan dalam bentuk tabel dan merelevansikannya. Uji keabsahan data dengan cara meninjau ulang hasil penelitian dengan cermat. Adapun instrumen penelitian menggunakan analisis dari peneliti sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim memuat tiga karakteristik menjadi guru ideal atau profesinal yaitu karakter pendidik terhadap diri sendiri,karakter pendidik dalam belajar dan mengajar, dan karakter pendidik terhadap peserta didik. Pada Undang-Undang Guru dan dosen No 14 Tahun 2005 memuat empat kompetensi yaitu : kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Sedangkan relevansi nilai dari keduanya dikatakan absah atau sesuai.Peneliti melakukan pengelompokkan berdasarkan kompetensi yang terdapat pada Undang-Undang Guru dan dosen No 14 Tahun 2005 karena telah mencakup semua poin karakter guru ideal pada kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectGuru Idealen_US
dc.subjectRelevansien_US
dc.subjectKitab Adabul ‘Alim wal Muta’alimen_US
dc.subjectUndang-Undang Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005en_US
dc.titleKarakteristik Guru Ideal dalam Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim dan Relevansinya dengan Undang-Undang Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record