dc.description.abstract | Guru memiliki peran penting dalam pembentukan karakater siswa di saat ini yang semakin merosot. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa karakter adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Melihat permasalahan karakter siswa, sebagai Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai inovasi melalui nilai religius untuk pembentukan karakter. Karena nilai religius seorang anak akan mengalami perubahan dan perkembangan. Maka, peneliti ingin mengetahui peran guru pendidikan agama islam dalam menangani permasalahan karakter melalui nilai religius.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter siswa, bagaimana peran dan pola pembinaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentukan karakter melalui nilai religius peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Wahid Hasyim Malang, juga faktor-faktor yang dapat berpengaruh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami tema penelitian secara konteks khusus. Untuk pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara terus menerus, agar data yang dihasilkan lebih memuaskan. Selanjutnya pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas, transferability, dependability dan confirmability.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan karakter siswa di Sekolah Menengah Pertama Wahid Hasyim Malang secara umum sudah cukup baik, akan tetapi masih ada beberapa siswa yang masih mempunyai karakter kurang baik. Membentukan karakter siswa melalui nilai religius juga cukup efektif. Peran Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Wahid Hasyim Malang yaitu sebagai pembimbing, penasehat dan teladan bagi para siswanya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan untuk Guru Pendidikan Agama Islam, siswa dan pihak yang terkait dengan penelitian ini.
Kata Kunci: Peran Guru, Karakter, Nilai Religius | en_US |