dc.description.abstract | Mufrodat merupakan salah satu dari tiga unsur bahasa yang sangat penting dikuasai,mufrodat ini digunakan dalam bahasa lisan maupun bahasa tulis, dan salah satu alat untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Arab seseorang. Pembelajaran Mufrodat memegang peranan penting untuk menunjang keberhasilan kemampuan berbahasa. Namun pada kenyataanya, pembelajaran mufrodat masih terasa sulit pada kelas 4/3 di sekolah Tha-IT Suksa, Bangkok. Dikarenakan proses pembelajarannya yang masih monoton dan kurang menyenangkan. Untuk mengatasi hal ini semua maka sang peneliti menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual pada pembelajaran Bahasa Arab guna meningkatkan daya ingat peserta didik. Hal tersebut sesuai dengan pembelajaran Bahasa Arab yang pada dasarnya membutuhkan pembelajaran yang sifatnya konkret, tidak hanya di dengar melainkan dapat dilihat pula untuk hasil yang
maksimal, sehingga peserta didik tidak hanya membayangkan saja akan tetapi bisa melihat dengan nyata.
Penelitian ini dilakukan di sekolah Tha-IT Suksa, Bangkok. Dengan objek penelitian peserta didik kelas 4/3. Adapun tujuan yang ingin di capai oleh peneliti dalam penelitian ini adalah : 1) mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran Mufrodat dengan menerapkan media audio-visual pada peserta didik. 2) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual. 3) mendeskripsikan proses evaluasi pembelajaran Bahasa Arab dengan menerapkan media audio-visual.
Penelitian ini terdiri dari dua tahap, dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk pengechekan keabsahan data penulis menggunakan tiga cara yaitu ketekunan,pengamatan dan triangulasi. Sumber penelitiannya adalah peserta didik dari kelas 4/3.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media audio-visual dapat meningkatkan penguasaan Mufrodat pada peserta didik kelas 4/3 dengan indikator keberhasilan: 1) selama pembelajaran berlangsung peserta didik tampak antusias dan senang hal ini dapat kita lihat dari pembelajaran dengan menggunakan LCD proyektor yang menampilkan materi pembelajaran secara konkret. 2) hasil penilaian peserta didik lebih baik dan meningkat dari hasil yang pernah didapatkan pada sebelumnya.
Dalam kegiatan pembelajaran, guru hendaknya memanfaatkan media yang telah tersedia didalam kelas dan memahami karakter dari setiap peserta didik. Karena setiap peserta didik memiliki karakter yang berbeda-beda. Dalam pembelajaran Bahasa Arab sebaiknya menerapkan media audio-visual yang menyuguhkan materi secara nyata, bisa di lihat dan didengar. Dengan itu semua panca indera akan di gunakan dengan aktif saat kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu media audio-visual sangat berperan penting dan menjadi pendukung serta pelengkap dalam pembelajaran Bahasa Arab.
Kata Kunci : Media Audio-Visual, Mufrodat. | en_US |