Show simple item record

dc.contributor.authorWahidah, Ning Majidatul
dc.date.accessioned2021-01-11T03:00:23Z
dc.date.available2021-01-11T03:00:23Z
dc.date.issued2020-07-18
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1380
dc.description.abstractKegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan memegang peranan penting dalam proses mengembangkan lingkungan pendidikan yang religius terhadap siswanya. Untuk keberhasilan tersebut, Guru dan Pembina ekstrakurikuler keagamaan harus menggunakan berbagai upaya dalam mengembangkan lingkungan pendidikan yang religius. Siswa yang memiliki sikap religius selalu menunjukkan perilaku yang baik kepada Allah, sesama, lingkungan dan diri sendiri. Terjadinya penyimpangan yang di lakukan siswa di sebabkan oleh kurangnya perilaku religius yang ditanamkan oleh sekolah. Berpijak pada itulah penulis melakukan penelitian di SMP Negeri 9 Malang dengan judul pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam upaya mengembanhkan lingkungan pendidikan yang religius. Dari latar belakang penelitian di atas maka penulis merumuskan masalah, yakni perencanaan program kegaiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 9 Malang, pelaksanaan kegaiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam upaya mengembangkan lingkungan pendidikan yang religius di SMP Negeri 9 Malang, dan evaluasi pelaksanaan kegaiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam upaya mengembangkan lingkungan pendidikan yang religius di SMP Negeri 9 Malang. Tujuan peneltian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan program kegaiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 9 Malang, untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegaiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam upaya mengembangkan lingkungan pendidikan yang religius di SMP Negeri 9 Malang, dan untuk mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan kegaiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam upaya mengembangkan lingkungan pendidikan yang religius di SMP Negeri 9 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data digunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab seacra lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan-catatan, transkip, buku dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan program kegiatan ekstrakurikuler keagamaan mempunyai tujuan agar terbentuk karakyter yang baik pada setiap siswa dan dapat menanamkan rasa iman dan taqwa siswa. Program kegiatan ekstrakurikuler keagamaan tersebutn meliputi: dakwah, Seni Baca Al-Quran Bittartil, Sholawat Al-Banjari, dan Dhur Berjamaah. (2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dilakukan denagn penjadwalan secara rutin selama seminggu sekali. Upaya yang dilakukan dalam mengembangkan lingkungan pendidikan yang religius dengan cara keteladanan dan pembiasaan ke dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan tersebut. (3) Evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dapat dilihat dari keantusiasan siswa yang dilihat dari absensi yang termasuk dalam nilai ibadah dan pembiasaan yang dijadikan sebagai muatan lokal yang termasuk dalam nilai cinta terhadap Agama. Kata kunci: Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan, Lingkungan Pendidikan, Religiusen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectKegiatan Ekstrakurikuler Keagamaanen_US
dc.subjectLingkungan Pendidikanen_US
dc.subjectReligiusen_US
dc.titlePelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Upaya Mengembangkan Lingkungan Pendidikan yang Religius di SMP Negeri 9 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record