Show simple item record

dc.contributor.authorFasarotin, Miftahul Ayu
dc.date.accessioned2021-01-11T03:01:35Z
dc.date.available2021-01-11T03:01:35Z
dc.date.issued2020-07-19
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1381
dc.description.abstractMenghafal Al-Qur’an merupakan sebuah aktivitas yang dapat dilakukan oleh siapapun dan berpapun usianya. Namun dalam menghafal Al-Qur’an tidak hanya dengan sekedar menghafal, tetapi juga wajib untuk mempelajari adab tentang menghafal Al-Qur’an mulai dari adab membaca Al-Qur’an hingga adab bagaimana menjadi seorang penghafal Al-Qur’an yang berakhlakul karimah. Hal tersebut yang melatar belakangi Pesantren Kampus Ainul Yaqin Universitas Islam Malang memiliki program Tahfidzul Qur’an lengkap dengan kajian kitab khusus bagi santri yang menghafal Al-Qur’an. Berdasarkan observasi bahwasanya adab seorang penghafal Al-Qur’an harus diterapkan sejak dini atau sejak awal santri mulai mengahafal. Maka dari itu Pesantren Kampus Ainul Yaqin Universitas Islam Malang menyediakan kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an sebagai kitab yang dikaji oleh santri yang masih berada di kelas satu dirosah diniyah. Dari latar belakang penelitian di atas maka penliti merumuskan masalah, yakni tentang bagaimana proses pelaksanaan implementasi pembelajaran kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an tentang adab menghafal Al-Qur’an santri tahfidz Pesantren Kampus Ainul Yaqin Universitas Islam Malang, apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an tentang adab menghafal Al-Qur’an santri tahfidz Pesantren Kampus Ainul Yaqin Universitas Islam Malang dan bagaimana dampak implementasi pembelajaran kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an tentang adab menghafal Al-Qur’an santri tahfidz di Pesantren Kampus Ainul Yaqin Universitas Islam Malang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an tentang adab menghafal Al-Qur’an santri tahfidz di Pesantren Kampus Ainul Yaqin Universitas Islam Malang, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an tentang adab menghafalAl-Qur’an santri tahfidz di Pesantren Kampus Ainul Yaqin Universitas Islam Malang dan mendeskripsikan dampak implementasi pembelajaran kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an tentang adab menghafal Al-Qur’an santri tahfidz di Pesantren Kampus Ainul Yaqin Universitas Islam Malang. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebuat di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan tanya jawab dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan-catatan, transkip, buku, surat kabar, makalah, laporan-laporang, agenda dan sebagainya. Berdasarkan usaha-usaha didapatkan hasil temuan penelitian bahwasanya Proses pelaksanaan pembelajaran kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an tentang adab menghafal Al-Qur’an santri di Pesantren Kampus Ainul Yaqin UNISMA pelaksanaan pembelajaran ini menggunakan metode weton/bandongan, alokasi waktu yang akan dicapai yang mana kegiatan pembelajaran kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an dilaksanakan setiap ahad malam pada jam dirosah malam supaya santri mengetahui cara mempelajari ilmu Al-Qur’an bagaimana cara menjaga Al-Qur’an baik dari segi adab, fadhilah, maupun semua perkara yang berkenaan dengan menghafal Al-Qur’an. Faktor yang mendukung dalam pembelajaran kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an tentang adab menghafal Al-Qur’an santri di Pesantren Kampus Ainul Yaqin UNISMA yaitu peran aktif guru/ ustadz sebagai pendidik, pengajar, pembimbing dan kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an yang digunakan oleh ustadz dalam menyampaikan materi. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran yaitu: malas pada santri, mengantuk dalam pembelajaran yang timbul pada diri santri merasa lelah. Dan dampak implementasi pembelajaran kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an tentang adab menghafal Al-Qur’an di Pesantren Kampus Ainul Yaqin UNISMA yaitu: berdampak positif, para santri lebih berhati-hati dan khusyu’ dalam mempelajari Al-Qur’an, santri antusias dengan adanya pembelajaran kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an sehingga bisa berjalan lancar dan mencapai hasil yang baik salah satunya menjadi khusyu’ dan waro’ maka dari itu untuk mengetahui hasil pembelajaran tenaga pendidik atau ustadz mensiasati dengan bertempat tinggal di lingkungan santri. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yakni Pesantren Kampus Ainul Yaqin UNISMA diharapkan terus melaksanakan pembelajaran kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an yang berhubungan dengan Al-Qur’an agar menjadikan santri memiliki akhlak atau beradab Al-Qur’an dan para asatidz untuk memilki metode pembelajaran yang bervariatif agar santri lebih bersemangat untuk belajar. Kata Kunci: Implementasi, Adab, Menghafal Al-Qur’an, Santri, Tahfidz.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectAdaben_US
dc.subjectMenghafal Al-Qur’anen_US
dc.subjectSantrien_US
dc.subjectTahfidzen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an Tentang Adab Menghafal Al-Qur’an Santri Tahfidz Pesantren Kampus Ainul Yaqin Universitas Islam Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record