dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi dengan prestasi belajar peserta didik SMP Negeri 1 Jabung yang cukup bagus. Keberhasilan prestasi belajar peserta didik SMP Negeri 1 Jabung selain dari usaha guru juga terdapat peranan orang tua didalamnya. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui tentang peranan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jabung Kecamatan.Jabung-Kabupaten.Malang.
Adapun permasalahan yang menjadi Fokus dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana strategi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jabung Kecamatan.Jabung-Kabupaten.Malang? (2) Bagaimana faktor penghambat orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jabung Kecamatan.Jabung-Kabupaten.Malang?. (3)Bagaimana faktor pendukung orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jabung Kecamatan.Jabung- Kabupaten.Malang?.
Sedangkan tujuan dalam penelitian ini ialah (1)Untuk menjelaskan strategi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jabung Kecamatan.Jabung-Kabupaten.Malang.(2)Untuk mendeskripsikan faktor penghambat orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jabung Kecamatan.Jabung-Kabupaten.Malang. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukungt orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jabung Kecamatan.Jabung-Kabupaten.Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pemgumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah wali murid dari SMP Negeri 1 Jabung Kecamatan.Jabung-Kabupaten.Malang. Dalam penelitian ini terdapat lima subjek penelitian yaitu orang tua dari peserta didik SMP Negeri 1 Jabung.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam diantaranya ialah mendidik, membimbing serta mengarahkan anak kearah yang lebih baik, memberikan perhatian dan kasih sayang, mendoakan kesuksesan belajar anak, dan memberikan pendidikan, baik pendidikan formal, informal maupun non formal. Selanjutnya ada empat strategi yang dilakukan oleh orang tua dalam meningkatka prestasi belajar Pendidikan Agama Islam diantaranya ialah rata-rata strategi yang dilakukan oleh orang tua ialah memasukan anak ke TPQ atau lest privat mengaji, mengajak anak dalam kegiatan keagamaan, memberi motivasi dengan bentuk nasehat dan pemberian sedikit hukuman dengan tujuan menyadarkan anak agar tidak malas. Kemudian terdapat empat faktor penghambat orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Diantaranya yang utama ialah game atau Handphone, diri anaknya sendiri, kesibukan orang tua, dan ligkungan.
Hal-hal yang perlu diperhatiakan sebagai saran yaitu bagi orang tua yang menginginkan anaknya memiliki prestasi belajar yang bagus hendaknya mempersiapkan strategi yang matang. Seperti dari perencanaan, tindakan dan penilaian, sehingga apabila terdapat suatau hambatan dalam meningkatkan prestasi belajar anak dapat mudah memecahkan masalah atau hambatan yang dialaminya. Bagi anak atau peserta didik, hendaknya sebagai anak atau peserta didik harus dapat membagi waktunya dengan baik, dapat membedakan mana yang buruk dan mana yang baik bagi dirinya, serta tetap semangat dalam belajar. Dan raih cita-cita setinggi mungkin. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peneliti berikutnya, sehingga peneliti berikutnya mampu untuk mengembangkannya.
Kata Kunci : Peranan Orang Tua, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam | en_US |