Implementasi Pendidikan Karakter Spiritual Berbasis Alam. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam
Abstract
Pendidikan karakter di Indonesia dirasakan amat perlu dilakukan demi
terwujudnya pribadi masyarakat yang berakhlaq mulia karena akhlaq mulia
merupakan tujuan akhir dari suatu pendidikan. Pendidikan karakter yang ada di
lembaga pendidikan berperan penting dalam membangun akhlaq peserta didik
khususnya Pendidikan Karakter yang menonjolkan sikap spiritual yang terdapat di
sekolah. Karena itu lembaga pendidikan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk
melakukan pendidikan karakter bagi peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan Pendidikan
Karakter Spiritual Berbasis Alam di SMK Alam Pujon Malang (2) Implementasi
Pendidikan Karakter Spiritual Berbasis Alam di SMK Alam Pujon Malang (3) Model
Pendidikan Karakter Spiritual Berbasis Alam di SMK Alam Pujon Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study
kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan
dokumentasi. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, guru PAI, dan guru BK. Data
yang diperoleh dari informan dan subyek yang diteliti ditafsirkan dan dianalisis
dengan meringkas data, penyajian data, penarikan simpulan seta verifikasi data, dan
menelaah kembali seluruh data. Konsep analisis data ini menggunakan konsep Miles
Huburman yaitu, data collection, data display, data condensation dan conclusion
drawing/ verifying . Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan
keikutsertaan, pengamatan yang tekun, pengecakan sejawat melalui diskusi, dan
triangulasi.
Temuan penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan karakter
spiritual berbasis alam di SMK Alam Pujon yaitu dengan menetapkan standar
karakter siswa, membangun sikap spiritual, dan menyediakan fasilitas pendukung..
(2) Implementasi pendidikan karakter spiritual berbasis alam di SMK Alam Pujon
dilaksanakan dengan mengintegrasikan standar karakter yang ada ke dalam budaya
spiritual harian, mingguan dan bulanan, program rutin sekolah dan kegiatan
ekstrakurikuler. (3) Model pendidikan karakter spiritual berbasis alam di SMK Alam
Pujon dengan pembiasaan, keteladanan, pemberian motivasi.