Show simple item record

dc.contributor.authorArif, Khadija
dc.date.accessioned2021-01-26T03:21:19Z
dc.date.available2021-01-26T03:21:19Z
dc.date.issued2021-01-25
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1528
dc.description.abstractPembiasaan merupakan salah satu metode yang dilakukan secara berulang-ulang dan berkelanjutan.Metode pembiasaan bertujuan untuk membuat individu menjadi terbiasa dalam bersikap, berperilaku dan berpikir sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.Maka dari itu diperlukannya penanaman nilai-nilai Isalmi pada anak sedini mungkin dengan metode pembiasaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan pembiasaan pendidikan karakter islami, bagaimana pelaksanaan pembiasaan pendidikan karakter islami dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanan pendidikan karakter islami pada anak kelompok B1 di KB/BA Restu 1 Malang.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembiasaan karakter islami, mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan pendidikan arakter islami dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembiasaan pendidikan karakter anak kelompok BI di KB/BA Restu 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah study kasus. Data-data yang diperoleh oleh peneliti dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi di KB/BA Restu 1 Malang. Kemudian metode analisis yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif, dan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan,ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat, serta menggunakan dari beberapa bahan referensi. Hasil dari penelitian yang didapat menunjukan upaya pembiasaan karakter di KB/BA Restu 1 Malang dilakukan secara terprogram dan tidak terprogram.Kegiatan secara terprogram seperti rancangan pelaksanaan pembelajaran sedangkan kegiatan tidak terprogram seperti kegiatan spontan yang dilakukan oleh guru.Pembiasaan pendidikan karakter islami di KB/BA Restu 1 Malang dilakukan secara rutin, spontan dan keteladanan.Faktor pendukung pembiasaan pendidikan karakter islami di KB/BA Restu 1 Malang yaitu guru yang memiliki kompetensi, orang tua yang ikut berperan dalam pelaksanaan pembiasaan karakter, faktor penghambat pembiasaan karakter islami di KB/BA Restu 1 Malang yaitu sebagian orang tua masih ada yang menyerahkan pendidikan anak kepada sekolah, ketidakkonsistenan orang tua dalam pembiasaan kepada anak untuk berperilaku sesuai dengan ajaran agama islam. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu bahwa pembiasaan pendidikan karakter islami harus ditanamkan sejak anak masih di taman kanak-kanak sehingga dewasa anak terbiasa melakukan hal-hal baik sesuai dengan ajaran agama islam. Atas kesadaran ini KB/BA Restu 1 Malang melakukan pembiasaan pendiidkan karakter islami pada anak sesuai dengan ajaran agama.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPembiasaan Karakter Islamien_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.titleUpaya Pembiasaan Pendidkan Karakter Islami Pada Anak Kelompok B1 di KB/BA Restu 1 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record