Upaya Pembiasaan Pendidkan Karakter Islami Pada Anak Kelompok B1 di KB/BA Restu 1 Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Arif, Khadija
dc.date.accessioned 2021-01-26T03:21:19Z
dc.date.available 2021-01-26T03:21:19Z
dc.date.issued 2021-01-25
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1528
dc.description.abstract Pembiasaan merupakan salah satu metode yang dilakukan secara berulang-ulang dan berkelanjutan.Metode pembiasaan bertujuan untuk membuat individu menjadi terbiasa dalam bersikap, berperilaku dan berpikir sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.Maka dari itu diperlukannya penanaman nilai-nilai Isalmi pada anak sedini mungkin dengan metode pembiasaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan pembiasaan pendidikan karakter islami, bagaimana pelaksanaan pembiasaan pendidikan karakter islami dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanan pendidikan karakter islami pada anak kelompok B1 di KB/BA Restu 1 Malang.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembiasaan karakter islami, mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan pendidikan arakter islami dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembiasaan pendidikan karakter anak kelompok BI di KB/BA Restu 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah study kasus. Data-data yang diperoleh oleh peneliti dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi di KB/BA Restu 1 Malang. Kemudian metode analisis yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif, dan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan,ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat, serta menggunakan dari beberapa bahan referensi. Hasil dari penelitian yang didapat menunjukan upaya pembiasaan karakter di KB/BA Restu 1 Malang dilakukan secara terprogram dan tidak terprogram.Kegiatan secara terprogram seperti rancangan pelaksanaan pembelajaran sedangkan kegiatan tidak terprogram seperti kegiatan spontan yang dilakukan oleh guru.Pembiasaan pendidikan karakter islami di KB/BA Restu 1 Malang dilakukan secara rutin, spontan dan keteladanan.Faktor pendukung pembiasaan pendidikan karakter islami di KB/BA Restu 1 Malang yaitu guru yang memiliki kompetensi, orang tua yang ikut berperan dalam pelaksanaan pembiasaan karakter, faktor penghambat pembiasaan karakter islami di KB/BA Restu 1 Malang yaitu sebagian orang tua masih ada yang menyerahkan pendidikan anak kepada sekolah, ketidakkonsistenan orang tua dalam pembiasaan kepada anak untuk berperilaku sesuai dengan ajaran agama islam. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu bahwa pembiasaan pendidikan karakter islami harus ditanamkan sejak anak masih di taman kanak-kanak sehingga dewasa anak terbiasa melakukan hal-hal baik sesuai dengan ajaran agama islam. Atas kesadaran ini KB/BA Restu 1 Malang melakukan pembiasaan pendiidkan karakter islami pada anak sesuai dengan ajaran agama. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pembiasaan Karakter Islami en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title Upaya Pembiasaan Pendidkan Karakter Islami Pada Anak Kelompok B1 di KB/BA Restu 1 Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account