Show simple item record

dc.contributor.authorSultoni
dc.date.accessioned2021-01-26T04:07:12Z
dc.date.available2021-01-26T04:07:12Z
dc.date.issued2021-01-06
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1536
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan siswa mengenai pendidikan akhlak di sekolah. Selain itu wawasan keagaman maupun amaliyah ahlussunnah wal jama’ah para siswa sangat rendah. Dalam hal ini peneliti menjelaskan peran-peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan amaliyah Ahlussunnah Wal Jama’ah. Peran guru tersebut melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi guru Pendidikan Agama Islam di SMP Nahdlatul Ulama’ Pakis. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan amaliyah Ahlussunnah Wal Jama’ah siswa di SMP Nahdlatul Ulama’ Pakis Malang (2) Bagaimana pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan amaliyah Ahlussunnah Wal Jama’ah siswa di SMP Nahdlatul Ulama’ Pakis Malang (3) Bagaimana evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan amaliyah Ahlussunnah Wal Jama’ah siswa di SMP Nahdlatul Ulama’ Pakis Malang Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian diskriptif kualitatif, Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, observasi dilakukan untuk mengetahui lebih dekat tentang objek yang sedang diteliti, wawancara digunakan untuk mengetahui atau menemukan permasalahan secara terbuka di SMP Nahdlatul Ulama’ Pakis, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data dengan jalan menyelidiki dokumen-dokumen yang sudah ada dan merupakan tempat untuk menyiapkan sejumlah data agar peneliti mendapat informasi secara maksimal yang dapat menggambarkan kondisi obyek yang diteliti dengan benar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam perencanaan menanamkan amaliyah Ahlussunnah Wal Jama’ah di SMP Nahdlatul Uama’ Pakis melalui kurikulum dan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, prota, promes, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan media pembelajaran (2) peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan menanamkan amaliyah Ahlussunnah Wal jama’ah di SMP Nahdlatul Ulama’ Pakis melalui intrakurikuler yang terdiri dari kegiatan pembelajaran, kegiatan peringatan hari besar agama Islam, dan kegiatan pondok ramadlan. Sedangkan melalui ektrakurikuler terdiri dari ekstrakurikuler keagamaan yaitu ekstrakurikuler al-banjari dan seni baca al-Qur’an (3) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan amaliyah Ahlussunnah Wal jamaa’ah di SMP Nahdlatul Ulama’ Pakis melalui penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Penilaian sikap melalui observasi, penilaian diri dan penilaian antar teman. Penilaian pengetahuan melalui tes tertulis, tes lisan dan penugasan. Sedangkan penilaian keterampilan melalui penilaian kinerja, proyek, produk dan portofolio. Kata kunci : Amaliyah Ahlussunnah Wal Jama’ah, Peran Guru PAIen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectAmaliyah Ahlussunnah Wal Jama’ahen_US
dc.subjectPeran Guru PAIen_US
dc.titlePeran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Amaliyah Ahlussunnah Wal Jama’ah Siswa di SMP Nahdlatul Ulama’ Pakis Malang Sampul Halamanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record