Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Prihatin, Ulin Nikmah Melia
dc.date.accessioned 2021-02-18T03:22:44Z
dc.date.available 2021-02-18T03:22:44Z
dc.date.issued 2021-01-27
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1574
dc.description.abstract Kecerdasan emosional (EQ) salah satu aspek penting yang mempengaruhi keberhasilan siswa pada setiap kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang ada hanya sebatas pengetahuan yang mengarahkan pada pengembangan ranah kognitif saja tanpa mempertimbangkan ranah afektif dan psikomotor yang dimiliki siswa. Akibatnya, keterampilan siswa jadi tidak seimbang. Tanpa disadari, kecerdasan emosional justru memiliki peran dalam membentuk keterampilan dan perilaku belajar siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat membangun kecerdasan emosional siswa adalah hasil belajar khususnya dalam aspek membaca. Karena dalam pembelajaran membaca baginya adalah hal yang membosankan, sehingga mau tidak mau siswa dituntut untuk memahami suatu bacaan yang akan menjadi acuan dalam pencapaian keberhasilan. Terlebih dalam aspek membaca pemahaman, dengan kemampuan membaca pemahaman siswa akan mengetahui hasil yang dicapai seperti apa. Selaian itu, dengan kemampuan membaca pemahaman siswa dapat terbiasa memahami suatu bacaan yang berkaitan dengan keterampilan berbahasanya. Jika kemampuan membacanya kurang, maka hasil yang didapat pula akan menurun, begitu pun sebaliknya. Membaca pemahaman akan membawa pada pemahaman akan isi bacaan, membantu menemukan informasi, menambah wawasan dan siswa akan terlatih untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Kota Malang tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian dipilih secara random yang berarti kelas XI Mipa 4 yaitu berjumlah 35 siswa yang terpilih sebagai sampel penelitian. Data penelitian berupa angka, data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif yang bertujuan untuk mencari rata-rata dan diagram, uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui kevalidan dan kereliabelan data. Uji analisis akhir atau hipotesis yang digunakan adalah uji hipotesis yang bertujuan untuk mengetahui apakah data variabel terikat (X) memiliki hubungan dengan variabel bebas (Y) dan yang terakhir uji signifikansi untuk mengetahui apakah ada hubungan yang nyata atau signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa kelas XI, mengetahui tingkat kemampuan membaca pemahaman, serta mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI MAN 1 Kota Malang tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dipaparkan bahwa kecerdasan emosional dengan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman memiliki hubungan yang positif, hal ini terbukti dari hasil analis data yang diperoleh berdasarkan perhitungan output Pearson Correlations dengan bantuan program SPSS sebagai berikut. Diperoleh besarnya koefisien korelasi sebesar 0,529 dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 5% N= 35 (jumlah sampel) adalah 0,334, dikarenakan harga r hitung 0,529 ˃ dari r tabel 0,334 maka dengan demikian, koefisien korelasi yang ditemukan sebesar 0,529 tersebut diinterpretasikan sesuai keputusan pedoman koefisien korelasi termasuk pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI MAN 1 Kota Malang tahun ajaran 2019/2020. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject membaca pemahaman en_US
dc.subject Kecerdasan Emosional en_US
dc.title Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account