Show simple item record

dc.contributor.authorPrihatin, Ulin Nikmah Melia
dc.date.accessioned2021-02-18T03:22:44Z
dc.date.available2021-02-18T03:22:44Z
dc.date.issued2021-01-27
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1574
dc.description.abstractKecerdasan emosional (EQ) salah satu aspek penting yang mempengaruhi keberhasilan siswa pada setiap kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang ada hanya sebatas pengetahuan yang mengarahkan pada pengembangan ranah kognitif saja tanpa mempertimbangkan ranah afektif dan psikomotor yang dimiliki siswa. Akibatnya, keterampilan siswa jadi tidak seimbang. Tanpa disadari, kecerdasan emosional justru memiliki peran dalam membentuk keterampilan dan perilaku belajar siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat membangun kecerdasan emosional siswa adalah hasil belajar khususnya dalam aspek membaca. Karena dalam pembelajaran membaca baginya adalah hal yang membosankan, sehingga mau tidak mau siswa dituntut untuk memahami suatu bacaan yang akan menjadi acuan dalam pencapaian keberhasilan. Terlebih dalam aspek membaca pemahaman, dengan kemampuan membaca pemahaman siswa akan mengetahui hasil yang dicapai seperti apa. Selaian itu, dengan kemampuan membaca pemahaman siswa dapat terbiasa memahami suatu bacaan yang berkaitan dengan keterampilan berbahasanya. Jika kemampuan membacanya kurang, maka hasil yang didapat pula akan menurun, begitu pun sebaliknya. Membaca pemahaman akan membawa pada pemahaman akan isi bacaan, membantu menemukan informasi, menambah wawasan dan siswa akan terlatih untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Kota Malang tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian dipilih secara random yang berarti kelas XI Mipa 4 yaitu berjumlah 35 siswa yang terpilih sebagai sampel penelitian. Data penelitian berupa angka, data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif yang bertujuan untuk mencari rata-rata dan diagram, uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui kevalidan dan kereliabelan data. Uji analisis akhir atau hipotesis yang digunakan adalah uji hipotesis yang bertujuan untuk mengetahui apakah data variabel terikat (X) memiliki hubungan dengan variabel bebas (Y) dan yang terakhir uji signifikansi untuk mengetahui apakah ada hubungan yang nyata atau signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa kelas XI, mengetahui tingkat kemampuan membaca pemahaman, serta mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI MAN 1 Kota Malang tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dipaparkan bahwa kecerdasan emosional dengan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman memiliki hubungan yang positif, hal ini terbukti dari hasil analis data yang diperoleh berdasarkan perhitungan output Pearson Correlations dengan bantuan program SPSS sebagai berikut. Diperoleh besarnya koefisien korelasi sebesar 0,529 dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 5% N= 35 (jumlah sampel) adalah 0,334, dikarenakan harga r hitung 0,529 ˃ dari r tabel 0,334 maka dengan demikian, koefisien korelasi yang ditemukan sebesar 0,529 tersebut diinterpretasikan sesuai keputusan pedoman koefisien korelasi termasuk pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI MAN 1 Kota Malang tahun ajaran 2019/2020.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectmembaca pemahamanen_US
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.titleHubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record