dc.description.abstract | Kecerdasan emosional (EQ) salah satu aspek penting yang mempengaruhi keberhasilan
siswa pada setiap kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang ada hanya sebatas pengetahuan
yang mengarahkan pada pengembangan ranah kognitif saja tanpa mempertimbangkan ranah
afektif dan psikomotor yang dimiliki siswa. Akibatnya, keterampilan siswa jadi tidak seimbang.
Tanpa disadari, kecerdasan emosional justru memiliki peran dalam membentuk keterampilan dan
perilaku belajar siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat membangun kecerdasan emosional
siswa adalah hasil belajar khususnya dalam aspek membaca. Karena dalam pembelajaran
membaca baginya adalah hal yang membosankan, sehingga mau tidak mau siswa dituntut untuk
memahami suatu bacaan yang akan menjadi acuan dalam pencapaian keberhasilan.
Terlebih dalam aspek membaca pemahaman, dengan kemampuan membaca
pemahaman siswa akan mengetahui hasil yang dicapai seperti apa. Selaian itu, dengan
kemampuan membaca pemahaman siswa dapat terbiasa memahami suatu bacaan yang berkaitan
dengan keterampilan berbahasanya. Jika kemampuan membacanya kurang, maka hasil yang
didapat pula akan menurun, begitu pun sebaliknya. Membaca pemahaman akan membawa pada
pemahaman akan isi bacaan, membantu menemukan informasi, menambah wawasan dan siswa
akan terlatih untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal.
Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif jenis korelasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Kota Malang tahun ajaran
2019/2020. Sampel penelitian dipilih secara random yang berarti kelas XI Mipa 4 yaitu
berjumlah 35 siswa yang terpilih sebagai sampel penelitian. Data penelitian berupa angka, data
dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif yang bertujuan untuk mencari rata-rata dan
diagram, uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui kevalidan dan kereliabelan data. Uji
analisis akhir atau hipotesis yang digunakan adalah uji hipotesis yang bertujuan untuk
mengetahui apakah data variabel terikat (X) memiliki hubungan dengan variabel bebas (Y) dan
yang terakhir uji signifikansi untuk mengetahui apakah ada hubungan yang nyata atau signifikan
antara kecerdasan emosional dengan kemampuan membaca pemahaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa kelas XI,
mengetahui tingkat kemampuan membaca pemahaman, serta mengetahui hubungan kecerdasan
emosional terhadap hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI MAN 1 Kota
Malang tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dipaparkan bahwa
kecerdasan emosional dengan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman memiliki
hubungan yang positif, hal ini terbukti dari hasil analis data yang diperoleh berdasarkan
perhitungan output Pearson Correlations dengan bantuan program SPSS sebagai berikut.
Diperoleh besarnya koefisien korelasi sebesar 0,529 dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001.
Hasil tersebut dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 5% N= 35 (jumlah sampel) adalah 0,334,
dikarenakan harga r hitung 0,529 ˃ dari r tabel 0,334 maka dengan demikian, koefisien korelasi yang
ditemukan sebesar 0,529 tersebut diinterpretasikan sesuai keputusan pedoman koefisien korelasi
termasuk pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara
kecerdasan emosional dengan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI
MAN 1 Kota Malang tahun ajaran 2019/2020. | en_US |