Show simple item record

dc.contributor.authorHidayat, Muri
dc.date.accessioned2021-10-21T04:02:09Z
dc.date.available2021-10-21T04:02:09Z
dc.date.issued2021-01-16
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2133
dc.description.abstractMengajar bukan hanya mengembangkan kemampuan kognitif saja, akan tetapi juga meliputi pengembangan aspek afektif dan aspek psikomotor. Salah satu upaya mengatasi kerumitan dan kejenuhan pada proses pembelajaran dengan melakukan inovasi dalam menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran dikemas dalam video pembelajaran ini akan membantu dan mempermudah proses pembelajaran untuk siswa maupun guru mempelajari teks eksplanasi. Dengan menggunakan media video pembelajaran dalam bentuk audio visual seperti power point ditambah dengan adanya contoh video, pembelajaran akan lebih menyenangkan dan menarik sehingga siswa dapat meningkatkan pemehamannya dalam mempelajari teks eksplanasi. Media video pembelajaran dalam pengembangan bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Kebutuhan media video pembelajaran dalam pembelajaran teks eksplanasi yang sesuai untuk siswa kelas XI . (2) Proses pengembangan media video pembelajaran teks eksplanasi yang sesuai untuk siswa kelas XI. Dan (3) Ketepatan/ kelayakan produk media video pembelajaran teks eksplanasi yang sesuai untuk siswa kelas XI. Pengembangan produk media pembelajaran teks eksplanasi dengan menggunakan media audio visual dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE, yakni model desain yang melibatkan tahapan dasar sistem pembelajaran dan sesuai digunakan untuk dasar pengembangan bahan ajar baik secara tradisional (tatap muka), maupun pembelajaran online. Dalam uji coba produk dilakukan dengan jumlah 25 siswa dengan menyebar angket kebutuhan siswa dan guru, setelah mendapatkan data dari angket tersebut, langkah selanjutnya adalah memberikan media video pembelajaran yang sudah divalidasi oleh beberapa ahli baik ahli media maupun ahli materi dan kemudian mengambil hasil respon siswa maupun guru dari media video pembelajaran yang sudah diberikan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi dan wawancara. Kemudian dianalisi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Pada hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa hasil analisis kebutuhan guru mencapai nilai 88.4% guru sangat setuju jika diadakannya pengembangan terhadap media video pembelajaran teks eksplanasi pada siswa kelas XI. Sedangkan pada analisis kebutuhan siswa 84,6% menyatakan sangat setuju bahwa siswa membutuhkan media video pembelajara teks eksplanasi siswa kelas XI. Hal ini menunjukan bahwa guru dan siswa membutuhkan adanya pengembangan media video pembelajaran teks eksplanasi agar memudahkan dan memberikan ketertarikan siswa dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan produk media pembelajaran berupa media video pembelajaran teks eksplanasi dalam bentuk yang dioperasikan dengan aplikasi Filmora yang dikemas dalam bentuk video pembelajaran dan dioperasikan melalui perangkat komputer dalam bentuk program aplikasi. Selanjutnya, dari hasil validasi ahli materi memperoleh skor 86,6% sedangkan pada ahli media memperoleh skor 82,5% hal ini menunjukan bahwa produk media video pembelajaran teks eksplanasi pada siswa kelas XI valid dan layak diimplementasikan dengan sedikit revisi. Selain itu, respon guru menunjukan nilai %, dan respon siswa menunjukan nilai % siswa setuju apabila media video pembelajaran menjadi materi yang mudah dipahami dan layak digunakan dalam pembelajaran teks eksplanasi. Hal ini menunjukan bahwa media video pembelajaran teks eksplanasi yang dikembangkan sudah valid tanpa revisi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectVideo Pembelajaranen_US
dc.titlePengembangan Media Video Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Mataram Tempursari Kabupaten Lumajangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record