Pengembangan Media Video Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Mataram Tempursari Kabupaten Lumajang
Abstract
Mengajar bukan hanya mengembangkan kemampuan kognitif saja, akan
tetapi juga meliputi pengembangan aspek afektif dan aspek psikomotor. Salah satu
upaya mengatasi kerumitan dan kejenuhan pada proses pembelajaran dengan
melakukan inovasi dalam menggunakan media pembelajaran. Media
pembelajaran dikemas dalam video pembelajaran ini akan membantu dan
mempermudah proses pembelajaran untuk siswa maupun guru mempelajari teks
eksplanasi. Dengan menggunakan media video pembelajaran dalam bentuk audio
visual seperti power point ditambah dengan adanya contoh video, pembelajaran
akan lebih menyenangkan dan menarik sehingga siswa dapat meningkatkan
pemehamannya dalam mempelajari teks eksplanasi. Media video pembelajaran
dalam pengembangan bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Kebutuhan media
video pembelajaran dalam pembelajaran teks eksplanasi yang sesuai untuk siswa
kelas XI . (2) Proses pengembangan media video pembelajaran teks eksplanasi
yang sesuai untuk siswa kelas XI. Dan (3) Ketepatan/ kelayakan produk media
video pembelajaran teks eksplanasi yang sesuai untuk siswa kelas XI.
Pengembangan produk media pembelajaran teks eksplanasi dengan
menggunakan media audio visual dalam penelitian ini menggunakan model
ADDIE, yakni model desain yang melibatkan tahapan dasar sistem pembelajaran
dan sesuai digunakan untuk dasar pengembangan bahan ajar baik secara
tradisional (tatap muka), maupun pembelajaran online. Dalam uji coba produk
dilakukan dengan jumlah 25 siswa dengan menyebar angket kebutuhan siswa dan
guru, setelah mendapatkan data dari angket tersebut, langkah selanjutnya adalah
memberikan media video pembelajaran yang sudah divalidasi oleh beberapa ahli
baik ahli media maupun ahli materi dan kemudian mengambil hasil respon siswa
maupun guru dari media video pembelajaran yang sudah diberikan. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket validasi dan wawancara. Kemudian
dianalisi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitaif.
Pada hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa hasil analisis kebutuhan
guru mencapai nilai 88.4% guru sangat setuju jika diadakannya pengembangan
terhadap media video pembelajaran teks eksplanasi pada siswa kelas XI.
Sedangkan pada analisis kebutuhan siswa 84,6% menyatakan sangat setuju
bahwa siswa membutuhkan media video pembelajara teks eksplanasi siswa kelas
XI. Hal ini menunjukan bahwa guru dan siswa membutuhkan adanya
pengembangan media video pembelajaran teks eksplanasi agar memudahkan dan
memberikan ketertarikan siswa dalam pembelajaran.
Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan produk media pembelajaran
berupa media video pembelajaran teks eksplanasi dalam bentuk yang
dioperasikan dengan aplikasi Filmora yang dikemas dalam bentuk video
pembelajaran dan dioperasikan melalui perangkat komputer dalam bentuk
program aplikasi.
Selanjutnya, dari hasil validasi ahli materi memperoleh skor 86,6%
sedangkan pada ahli media memperoleh skor 82,5% hal ini menunjukan bahwa
produk media video pembelajaran teks eksplanasi pada siswa kelas XI valid dan
layak diimplementasikan dengan sedikit revisi. Selain itu, respon guru
menunjukan nilai %, dan respon siswa menunjukan nilai % siswa setuju apabila
media video pembelajaran menjadi materi yang mudah dipahami dan layak
digunakan dalam pembelajaran teks eksplanasi. Hal ini menunjukan bahwa media
video pembelajaran teks eksplanasi yang dikembangkan sudah valid tanpa revisi.