Show simple item record

dc.contributor.authorSalim
dc.date.accessioned2021-10-26T03:35:09Z
dc.date.available2021-10-26T03:35:09Z
dc.date.issued2021-05-29
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2176
dc.description.abstractIndonesia adalah negara Bhineka Tunggal Ika, masyarakatnya multikultur, multi etnis, di satu sisi merupakan salah satu modal pembangunan dan disisi lain juga peluang munculnya konflik. Perguruan tinggi adalah salah satu institusi sosial yang berpengaruh pada kebudayaan suatu bangsa juga bertanggung jawab dalam transmisi budaya dari satu generasi ke generasi lain, dan merupakan bagian tidak terpisahkan dalam kerangka menciptakan kehidupan yang harmonis, persatan dan kesatuan dalam hidup berbangsa dan bernegara. Kesadaran untuk merajut dan menjaga hidup harmoni dapat dilakukan berbagai hal, misalnya dengan cara toleransi, keadilan, tolong menolong dan lainnya. Untuk mewujudkan hal tersebut memerlukan proses dan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam multikultur. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menemukan tentang: 1) Bentuk nilai–nilai pendidikan Islam multikutural yang ditanamkan, 2) Proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam multikultural, dan 3) Model penanaman nilai-nilai pendidikan Islam multikultural dalam kehidupan mahasiswa di Universitas Merdeka Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi fenomenologis. Teknik pengumpulan data dengan cara: (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipasi, (3) dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan; ( 1) reduksi data; (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan keabsahan data melalui;1) Credibility, 2) Transferability, 3) Dependability, dan 4) Confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Bentuk nilai-nilai pendidikan Islam multikultural yang ditanamkan antara lain; nilai interaksi, moderat, toleransi, harmoni, tolong-menolong, kebersamaan, menghargai, demokrasi, terbuka, kasih-sayang, dan amanah 2) Proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam multikultural melalui beberapa tahap yaitu a) proses sosialisasi, b) implementasi dan c) internalisasi, sedangkan bentuk strateginya yaitu melalui a) jalur struktural, organisasional, dan kultural.3) Model penanaman nilai-nilai pendidikan Islam multikultural dalam kehidupan mahasiswa melalui model konvessional dan model fenomenologi (Pelaksanaannya terintegrasi dalam kurikulum) sedangkan metode penanaman nilainya melalui (indoktrinasi, keteladanan, reinforcement, simulasi, diskusi). Dari hasil penelitian di atas maka temuan formal penelitian ini adalah Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural di Perguruan Tinggi By The Confessional and The Phenomenological Model. Kata Kunci:en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Islam Multikulturalen_US
dc.subjectPenanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikulturalen_US
dc.titlePenanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural di Perguruan Tinggi Studi Fenomenologis di Universitas Merdeka Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record