Show simple item record

dc.contributor.authorMufiqur, Rahman
dc.contributor.authorMaskuri, Bakri
dc.contributor.authorHasan, Busri
dc.contributor.authorKurnia Novita Rahmawat, Roro
dc.contributor.authorZainullah, Zainullah
dc.date.accessioned2021-10-26T05:25:38Z
dc.date.available2021-10-26T05:25:38Z
dc.date.issued2020-01-21
dc.identifier.issn2527-4511
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2184
dc.description[ARCHIVES] Copyright Article from : Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies)en_US
dc.description.abstractSalah satu nilai moderasi Islam adalah kesetaraan. Kesetaraan dalam pendidikan menjadi sangat penting untuk memastikan proses pendidikan yang berkeadilan (equity) dan berkesetaraan (equality). Pesantren Mu’ādalah adalah satuan pendidikan yang ekslusif, dengan sistem pendidikan yang otonom, mandiri dan berbeda baik dengan sekolah, madrasah atau pesantren lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai dan praktik kesetaraan dalam pendidikan Pesantren Mu’ādalah secara inklusif. Dengan pendekatan penelitian etnografi, Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep dipilih sebagai lokus penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa, Pesantren Al-Amien tidak hanya menjadi Pesantren Mu’ādalah yang setara secara institusional, tetapi juga memiliki substansi dan praktis kesetaraan itu sendiri. Nilainilai spiritual, integrasi keislaman dan keindonesiaan, dan implementasi budaya lokal pesantren dalam praktik kelembagaan memberikan justifikasi esensi kesetaraan pesantren mu’ādalah dengan lembaga pendidikan lainnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies)en_US
dc.subjectKesetaraanen_US
dc.subjectPesantren educationen_US
dc.subjectPesantren Mu’ādalahen_US
dc.titleEksplorasi Nilai-nilai Kesetaraan dalam Pendidikan Pesantren Mu’ādalahen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record