Eksplorasi Nilai-nilai Kesetaraan dalam Pendidikan Pesantren Mu’ādalah
Date
2020-01-21Author
Mufiqur, Rahman
Maskuri, Bakri
Hasan, Busri
Kurnia Novita Rahmawat, Roro
Zainullah, Zainullah
Metadata
Show full item recordAbstract
Salah satu nilai moderasi Islam adalah kesetaraan. Kesetaraan dalam pendidikan
menjadi sangat penting untuk memastikan proses pendidikan yang berkeadilan
(equity) dan berkesetaraan (equality). Pesantren Mu’ādalah adalah satuan pendidikan
yang ekslusif, dengan sistem pendidikan yang otonom, mandiri dan berbeda baik
dengan sekolah, madrasah atau pesantren lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengeksplorasi nilai dan praktik kesetaraan dalam pendidikan Pesantren Mu’ādalah
secara inklusif. Dengan pendekatan penelitian etnografi, Pesantren Al-Amien
Prenduan Sumenep dipilih sebagai lokus penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa,
Pesantren Al-Amien tidak hanya menjadi Pesantren Mu’ādalah yang setara secara
institusional, tetapi juga memiliki substansi dan praktis kesetaraan itu sendiri. Nilainilai spiritual, integrasi keislaman dan keindonesiaan, dan implementasi budaya lokal
pesantren dalam praktik kelembagaan memberikan justifikasi esensi kesetaraan
pesantren mu’ādalah dengan lembaga pendidikan lainnya.