Show simple item record

dc.contributor.authorAfandi
dc.date.accessioned2021-10-27T03:29:53Z
dc.date.available2021-10-27T03:29:53Z
dc.date.issued2021-06-16
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2202
dc.description.abstractMadrasah merupakan satuan pendidikan nasional yang memiliki peran penting dalam pendidikan karakter Hubbul Wathon. Madrasah berbasis pesantren menjadi model yang khas Nusantara. Model integrasi lembaga pendidikan tersebut memberikan komprehensivitas pendidikan terutama dalam praksis Pendidikan Islam Multikultural dalam kearifan yang dipertahanan madrasah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang; nilai-nilai pendidikan Islam multikultural yang dikembangkan dalam kearifan Madrasah Aliyah Nurulhuda Pakandangan Sumenep dan Madrasah Aliyah Mambaul Ulum Bata-bata Pamekasan; Proses penanaman, dan model penanaman karakter hubbul wathon melalui integrasi nilai Pendidikan Islam Multikultural dalam kearifan Madrasah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penentuan informan dilakukan dengan strategi purposive sampling dan snow ball sampling. Jejaring data dilakukan dengan obseravasi, wawancara mendalam, FGD dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Miles dan Hubarman yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil Penelitian menujukkan bahwa nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural yang ditanamkan untuk mewujudkan karakter hubbul wathon dalam kearifan Madrasah Aliyah Nurulhuda Pakandangan Sumenep dan Madrasah Aliyah Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan adalah Nilai Religiusitas (al-Rabbaniyah), Nilai kemanusiaan (al-Insaniyah), Nilai disiplin sosial dan solidaritas social (al-Ijtimaiyyah), Nilai keadilan dan Kesetaraan (al-I’tidal wal musawat), Nilai Toleransi dan harmoni (tasamuh wal musawat), Nilai Peduli sosial (gotong royong) (al-Ta’asyubiyah), Nilai Pengabdian (al-Khidmah) Nilai Komprehensivitas (al-Symuliyah), Nilai Moderasi (al-Wasatiyah), Nilai realitas (al-Waqiiyyah), Nilai kejelasan (al- Wuduh), Nilai Fleksibelitas (al-Murunah), Nilai Keikhlasan yang tinggi (al- Ikhlas al-Aly), Nilai bela Negara (al-Difa’ ala al-Wathon) dan nilai kepatuhan dan ta’dhim (al-Itho’ah) Proses penanaman karakter hubbul wathon melalui Integrasi nilai Pendidikan Islam multikultural dalam kearifan Madrasah melalui multi pendekatan yaitu kontribusi, aditif, transformasi dan aksi sosial. Proses viii penanamannya melalui proses pembelajaran, pembiasaan, keteladanan, penguatan dan pembudayaan. Dalam proses pembelajaran menggunakan metode il-Qo’ al-Nasihah, Mudzakarah, Munadharah, dan Mutharahah dengan disain pembelajaran active learning. Dalam proses pembiasaan, menggunakan teori pewatakan al-Gazali yaitu taklif, ta’wid dan tathobbu’ melalui kegiatan Ekstra ; kepramukaan; seni budaya dan olahraga; Taruna; Amaliyah Tadris; Pengabdian kepada masyarakat. Dalam proses keteladanan menggunakan pendekatan modeling Kyai dan kepala sekolah. Kemudian dalam proses penguatan dan pembudayaan menggunakan pola Mozaikisasi Budaya Nusantara dan pemanfaatan transformasi digital. Model penanaman karakter hubbul wathon minal iman adalah model integrasi nilai PAI Multikultural dalam Kearifan lokal Madrasah dengan pola integrasi materi pelajaran, integrasi muatan lokal, dan integrasi pengembangan diri. Model ini disebut dengan model integrasi orientasi sosial.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPenanaman karakteren_US
dc.subjectkearifan madrasahen_US
dc.titlePenanaman Karakter Hubbul Wathon melalui Integrasi Nilai Pendidikan Islam Multikultural dalam Kearifan Madrasah berbasis Pesantren; Studi di MA Nurul Huda Pakandangan Sumenep dan MA Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record