Show simple item record

dc.contributor.authorHidayah, Nensy Auliyatul
dc.date.accessioned2021-11-04T03:50:55Z
dc.date.available2021-11-04T03:50:55Z
dc.date.issued2021-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2327
dc.description.abstractPenelitian ini menjelaskan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas bawah (1 dan 2) di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kesulitan belajar membaca permulaan yang dialami oleh peserta didik kelas bawah di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik, faktor yang menpengaruhi kesulitan belajar membaca permulaan yang dialami oleh peserta didik kelas bawah di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan yang dialami oleh peserta didik kelas bawah di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik . Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesulitan belajar membaca permulaan yang dialami oleh siswa kelas bawah di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik, mengetahui faktor yang dialami oleh peserta didik dalam kesulitan belajar membaca permulaan dan mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kalitatif jenis penelitian nya studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah waka kesiswaan, guru kelas 1A dan guru kelas 2 sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas bawah di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik. Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menurut Miles Huberman dan Saldana berupa kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini kesulitan yang dialami oleh peserta didik yaitu belum mengenali abjad, belum bisa membaca suku kata, dan sulit membedakan antara huruf “b” dan “d” , “p” dan “q” dan “m” dan “w” , faktor penyebab kesulitan belajar membaca permulaan pada pada siswa di sebabkan kurangnya minat membaca, pembiasan membaca, faktor sensori (penglihatan), perhatian orang tua. Adapun upaya yang dilakkan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas bawah (1 dan 2) di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik melalui adanya program CALISTUNG pada setiap tahunya, memberikan tugas tambahan berupa membaca di rumah, belajar di luar kelas dan memberikan motivasi kepada siswa. Hal ini dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas bawah (1 dan 2) di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik. Kata Kunci: Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Membaca Permulaanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectUpaya Guruen_US
dc.subjectKesulitan Belajaren_US
dc.subjectMembaca Permulaanen_US
dc.titleUpaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Bawah di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresiken_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record