Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Bawah di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik

Show simple item record

dc.contributor.author Hidayah, Nensy Auliyatul
dc.date.accessioned 2021-11-04T03:50:55Z
dc.date.available 2021-11-04T03:50:55Z
dc.date.issued 2021-07-15
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2327
dc.description.abstract Penelitian ini menjelaskan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas bawah (1 dan 2) di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kesulitan belajar membaca permulaan yang dialami oleh peserta didik kelas bawah di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik, faktor yang menpengaruhi kesulitan belajar membaca permulaan yang dialami oleh peserta didik kelas bawah di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan yang dialami oleh peserta didik kelas bawah di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik . Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesulitan belajar membaca permulaan yang dialami oleh siswa kelas bawah di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik, mengetahui faktor yang dialami oleh peserta didik dalam kesulitan belajar membaca permulaan dan mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kalitatif jenis penelitian nya studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah waka kesiswaan, guru kelas 1A dan guru kelas 2 sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas bawah di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik. Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menurut Miles Huberman dan Saldana berupa kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini kesulitan yang dialami oleh peserta didik yaitu belum mengenali abjad, belum bisa membaca suku kata, dan sulit membedakan antara huruf “b” dan “d” , “p” dan “q” dan “m” dan “w” , faktor penyebab kesulitan belajar membaca permulaan pada pada siswa di sebabkan kurangnya minat membaca, pembiasan membaca, faktor sensori (penglihatan), perhatian orang tua. Adapun upaya yang dilakkan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas bawah (1 dan 2) di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik melalui adanya program CALISTUNG pada setiap tahunya, memberikan tugas tambahan berupa membaca di rumah, belajar di luar kelas dan memberikan motivasi kepada siswa. Hal ini dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas bawah (1 dan 2) di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik. Kata Kunci: Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Membaca Permulaan en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.subject Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah en_US
dc.subject Upaya Guru en_US
dc.subject Kesulitan Belajar en_US
dc.subject Membaca Permulaan en_US
dc.title Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Bawah di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account