Paradigma Good Governance Menuju Shared Governance Melalui Reformasi Birokrasi dan Inovasi Pelayanan Publik
Abstract
Tujuan penulisan ini adalah untuk medeskripsikan konsep good governance
dan shared governance dalam bingkai sistem politik Indonesia. Hal ini
mempunyai kaitan penting dengan pelayanan publik sebagai realisasi dari
kebijakan politik. Problematika pelayanan publik masih menjadi tantangan
didalam meningkatkan tatanan pemerintahan yang baik. Paradigma good
governance terus mengalami perkembangannya sesuai dengan tuntutan dan
kebutuhan dalam masyarakat. Metode yang digunakan adalah melalui kajian
teori secara konspetual dan mendasar. Paradigma itu sudah mengarah
kepada shared governance. Sementara, reformasi birokrasi menjadi agenda
penting yang harus terus dikawal hingga level paling bawah. Untuk
meningkatkan kualitas, optimalisasi kinerja yang lebih baik, dan
professional membutuhkan inovasi pelayanan. Inovasi pelayanan publik
melalui experience learning sebagai langkah konkrit dalam memaksimalkan
potensi aparatur. Inovasi ini, bertujuan untuk meningkatkan kinerja aparatur
melalui pendidikan, pelatihan, dan pengembangan potensi diri yang
berorientasi kepada nilai-nilai pengalaman dan pengamalan sebagai
aktualisasi diri dalam kinerja pelayanan publik.
URI
http://journal.umpo.ac.id/index.php/aristo/article/view/HHhttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2342