Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Tanjungarum Sukorejo Pasuruan

Show simple item record

dc.contributor.author Salim, Muhammad Alfan
dc.date.accessioned 2021-11-11T02:05:00Z
dc.date.available 2021-11-11T02:05:00Z
dc.date.issued 2021-07-17
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2453
dc.description.abstract Skripsi ini membahas tentang peran guru (PAI) dalam upaya pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di MTs Miftahul Ulum Tanjungarum. Pembentukan karakter ini sendiri memiliki tujuan agar siswa memiliki karakter-karakter terebut sehingga menjadi manusia yang terbiasa untuk disiplin dan tanggungjawab dimanapun ia berada. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kedisiplinan bangsa kita yang kian menurun dalam hal ketepatan waktu,dan juga masalah ketidaktertiban siswa dalam pembelajaran yang mengakibatkan ketidakberhasilan mencapai nilai yang baik. Selain itu rasa tanggung jawab manusia sekarang terhadap lingkungan maupun alamnya yang tidak kunjung membaikpun melatarbelakangi penelitian ini. Hal tersebut yang membawa peneliti untuk melaksanakan penelitian di MTs Miftahul Ulum Tanjungarum yang mana telah berupaya untuk menjadikan ajaran islam sebagai landasan dalam mendidik siswa termasuk karakter disiplin dan tanggungjawab ini melalui kegiatan dan program-program sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: apa faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa disekolah tersebut, bagaimana peran guru PAI dalam upaya pembentukan karakter disiplin, bagaimana peran guru PAI dalam upaya pembentukan karakter tanggungjawab. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif. Subjek penelitian nya adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam upaya pembentukan karakter disiplin dan tanggungjawab terdapat faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Faktor pendudukng datang dari guru, orang tua, lingkungan Kemudian faktor penghambat datang dari teman sebaya dan lingkungan. Dalam upaya pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab memperlihatkan peran-perannya yakni: peran sebagai pendidik, berperan sebagai model dan teladan, dan peran sebagai motivator. Kata kunci: Guru PAI, karakter disiplin, tanggung jawab en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Guru PAI en_US
dc.subject karakter disiplin en_US
dc.subject tanggung jawab en_US
dc.title Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Tanjungarum Sukorejo Pasuruan en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account