dc.contributor.author | Mustafida, Fita | |
dc.date.accessioned | 2021-11-13T03:02:54Z | |
dc.date.available | 2021-11-13T03:02:54Z | |
dc.date.issued | 2021-06 | |
dc.identifier.issn | 2502-194X | |
dc.identifier.uri | http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/11061 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2463 | |
dc.description | [ARCHIVES] Copyright Article from : MADRASAH Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar | en_US |
dc.description.abstract | Lingkungan kelas yang nyaman tidak lepas dari peran guru dalam mengelola
lingkungan pembelajaran. Kondisi kelas yang heterogen menjadi tantangan bagi guru
untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan bermakna. Hal ini
dikarenakan setiap siswa memiliki perbedaan karakter, kebutuhan, serta potensinya
masing-masing yang perlu dikembangkan. Di sisi lain, heterogenitas peserta didik jika
tidak dikelola dengan baik dapat menjadi sumber munculnya berbagai problem di
kelas. Mulai dari bullying, suasana pembelajaran tidak terkendali, bahkan sikap antipati
terhadap keberagaman yang memicu sikap negatif lain, seperti diskriminasi dan
ketidakadilan. Oleh karenanya, untuk mengatasi problem tersebut, diperlukan
kemampuan guru menciptakan lingkungan kelas yang menghargai keragaman
(multikultural). Berdasarkan pandangan tersebut, maka pengelolaan kelas
multikultural sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan, pengelolaan kelas multikultural diyakini mampu membina keragaman siswa dengan tetap berprinsip pada nilai-nilai
universal kemanusiaan yang berkeadilan dan memihak pada aspek kesederajatan.
Pengelolaan kelas multikultural juga mampu memberi pelayanan pendidikan yang
sesuai dengan kebutuhan manusia, serta menghargai perbedaan dengan pendekatan
manusia (human approach). Atas dasar tersebut, maka kajian ini membahas tentang
strategi guru dalam mengelola keragaman peserta didik dengan menggunakan
pendekatan pengelolaan kelas yang multikultural. Pengelolaan kelas multikultural
perlu dikembangkan guna menciptakan suasana pembelajaran yang lebih humanis dan
demokratis yang sangat dibutuhkan untuk membina keberagaman siswa di kelas.
Diantara strategi pengelolaan kelas multikultural yang dapat dilakukan adalah
mengelola keragaman gender, status sosial, etnis, termasuk kecerdasan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim | en_US |
dc.relation.ispartofseries | MADRASAH Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar;Vol. 13 No. 2, p. 84-96 | |
dc.subject | Pengelolaan Kelas | en_US |
dc.subject | Multikultural | en_US |
dc.subject | Keberagaman Peserta Didik | en_US |
dc.title | Pengelolaan Kelas Multikultural: Strategi Mengelola Keberagaman Peserta Didik di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah | en_US |
dc.type | Article | en_US |