Show simple item record

dc.contributor.authorMustafida, Fita
dc.date.accessioned2021-11-13T03:02:54Z
dc.date.available2021-11-13T03:02:54Z
dc.date.issued2021-06
dc.identifier.issn2502-194X
dc.identifier.urihttp://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/11061
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2463
dc.description[ARCHIVES] Copyright Article from : MADRASAH Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasaren_US
dc.description.abstractLingkungan kelas yang nyaman tidak lepas dari peran guru dalam mengelola lingkungan pembelajaran. Kondisi kelas yang heterogen menjadi tantangan bagi guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan bermakna. Hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki perbedaan karakter, kebutuhan, serta potensinya masing-masing yang perlu dikembangkan. Di sisi lain, heterogenitas peserta didik jika tidak dikelola dengan baik dapat menjadi sumber munculnya berbagai problem di kelas. Mulai dari bullying, suasana pembelajaran tidak terkendali, bahkan sikap antipati terhadap keberagaman yang memicu sikap negatif lain, seperti diskriminasi dan ketidakadilan. Oleh karenanya, untuk mengatasi problem tersebut, diperlukan kemampuan guru menciptakan lingkungan kelas yang menghargai keragaman (multikultural). Berdasarkan pandangan tersebut, maka pengelolaan kelas multikultural sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan, pengelolaan kelas multikultural diyakini mampu membina keragaman siswa dengan tetap berprinsip pada nilai-nilai universal kemanusiaan yang berkeadilan dan memihak pada aspek kesederajatan. Pengelolaan kelas multikultural juga mampu memberi pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan manusia, serta menghargai perbedaan dengan pendekatan manusia (human approach). Atas dasar tersebut, maka kajian ini membahas tentang strategi guru dalam mengelola keragaman peserta didik dengan menggunakan pendekatan pengelolaan kelas yang multikultural. Pengelolaan kelas multikultural perlu dikembangkan guna menciptakan suasana pembelajaran yang lebih humanis dan demokratis yang sangat dibutuhkan untuk membina keberagaman siswa di kelas. Diantara strategi pengelolaan kelas multikultural yang dapat dilakukan adalah mengelola keragaman gender, status sosial, etnis, termasuk kecerdasan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahimen_US
dc.relation.ispartofseriesMADRASAH Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar;Vol. 13 No. 2, p. 84-96
dc.subjectPengelolaan Kelasen_US
dc.subjectMultikulturalen_US
dc.subjectKeberagaman Peserta Didiken_US
dc.titlePengelolaan Kelas Multikultural: Strategi Mengelola Keberagaman Peserta Didik di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record