View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Lecturer Papers
  • LP - Faculty of Islamic Studies
  • LP - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Lecturer Papers
  • LP - Faculty of Islamic Studies
  • LP - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengelolaan Kelas Multikultural: Strategi Mengelola Keberagaman Peserta Didik di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah

Thumbnail
View/Open
Document (330.5Kb)
Date
2021-06
Author
Mustafida, Fita
Metadata
Show full item record
Abstract
Lingkungan kelas yang nyaman tidak lepas dari peran guru dalam mengelola lingkungan pembelajaran. Kondisi kelas yang heterogen menjadi tantangan bagi guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan bermakna. Hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki perbedaan karakter, kebutuhan, serta potensinya masing-masing yang perlu dikembangkan. Di sisi lain, heterogenitas peserta didik jika tidak dikelola dengan baik dapat menjadi sumber munculnya berbagai problem di kelas. Mulai dari bullying, suasana pembelajaran tidak terkendali, bahkan sikap antipati terhadap keberagaman yang memicu sikap negatif lain, seperti diskriminasi dan ketidakadilan. Oleh karenanya, untuk mengatasi problem tersebut, diperlukan kemampuan guru menciptakan lingkungan kelas yang menghargai keragaman (multikultural). Berdasarkan pandangan tersebut, maka pengelolaan kelas multikultural sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan, pengelolaan kelas multikultural diyakini mampu membina keragaman siswa dengan tetap berprinsip pada nilai-nilai universal kemanusiaan yang berkeadilan dan memihak pada aspek kesederajatan. Pengelolaan kelas multikultural juga mampu memberi pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan manusia, serta menghargai perbedaan dengan pendekatan manusia (human approach). Atas dasar tersebut, maka kajian ini membahas tentang strategi guru dalam mengelola keragaman peserta didik dengan menggunakan pendekatan pengelolaan kelas yang multikultural. Pengelolaan kelas multikultural perlu dikembangkan guna menciptakan suasana pembelajaran yang lebih humanis dan demokratis yang sangat dibutuhkan untuk membina keberagaman siswa di kelas. Diantara strategi pengelolaan kelas multikultural yang dapat dilakukan adalah mengelola keragaman gender, status sosial, etnis, termasuk kecerdasan.
URI
http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/11061
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2463
Collections
  • LP - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group