dc.description.abstract | Hasil perkembangan yang optimal perlu diiringi dengan adanya perangkat pembelajaran yang menjadi tolak ukur keberhasilan suatu pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan alat atau pelengkap untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran juga harus sesuai dengan standar yang telah diberikan oleh pemerintah yakni dengan menggunakan kurikulum K-13.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kualitas perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran dan alat penilaian yang digunakan guru MTs Darul Huda. Subjek penilaian ini adalah guru Bahasa Indonesia di kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif, yaitu metode melibatkan penelitian secara langsung untuk mengamati objek yang diteliti. Setelah data terkumpul dari hasil pengamatan dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas perangkat pembelajaraan bahasa Indonesia kelas VII MTs Darul Huda bahwa pada RPP kesastraan dengan rata-rata skor penilaian 75% dengan analisis deskriptif presntasenya Cukup Baik/Cukup Sesuai dengan kurikulum 2013. Sedangkan pada RPP kebahasaan dengan rata-rata skor penilaian 73% dengan analisis deskriptif persentasenya juga Cukup Baik/Cukup Sesuai dengan kurikulum 2013. Pada media pembelajaran rata-rata skor penilaian 56% dengan analisis deskriptif peresentasenya juga Kurang Baik/Kurang Sesuai dengan kurikulum 2013. Pada alat penilaian rata-rata skor penilaian 75% dengan analisis deskriptif persentasenya juga Cukup Baik/Cukup Sesuai dengan kurikulum 2013.
Kata-kata kunci: Kualitas, Perangkat Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media Pembelajaran, Alat Penilaian, Bahasa Indonesia. | en_US |